Sekilas Tentang PPL

PENGEMBANGAN DAN PELAYANAN UPT PPL UNDANA

  1. RENCANA PENGEMBANGAN UPT PPL UNDANA

 

Unit Pelaksana Teknis Program Pengalaman Lapangan Universitas Nusa Cendana yang disingkat dengan UPT PPL adalah salah satu unit penunjang yang bertugas untuk mengelola  kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan  bagi  mahasiswa LPTK dalam  hal ini adalah mahasiswa (FKIP) Undana  yang  secara langsung bertanggung jawab kepada Rektor di bawah koordinator Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I). Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu tugas  penting  yang dilakukan UPT PPL adalah membantu, membentuk,  dan  menghasilkan  calon  tenaga  guru/pendidik yang profesional, memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai  dan sikap, serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat  menggunakannya  dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah melalui penerapan pengalaman belajar  sebelum  ke  dalam  program  pelatihan berupa kinerja dalam berbagai hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan.

Secara  terpadu  kinerja  kegiatan  pelaksanaan UPT PPL Undana mengacu pada Visi dan Misi Undana

2. Tujuan dan Sasaran

Dalam upaya mewujudkan visi dan misi Undana, UPT PPL Undana menetapkan tujuan dan sasaran sebagai berikut.

  • Tujuan

Secara umum, tujuan UPT PPL Undana adalah melatih mahasiswa calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata, baik dalam kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya sesuai kompetensi bidang studi, jenjang, dan jenis sekolahnya.
Secara khusus, tujuan UPT PPL Undana adalah:

  1. mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, akademik, dan sosial psikhologis sekolah   tempat pelatihan prajabatan berlangsung,
  2. menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar,
  3. menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dalam situasi nyata,
  4. mampu mengembangkan aspek pribadi dan sosial di lingkungan sekolah, dan
  5. menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalamannya selama pelatihan melalui refleksi,  dan menuangkan hasil refleksi itu dalam bentuk laporan.

 

  • Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai adalah :
Pribadi calon guru yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat menggunakannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah sesuai kompetensi bidang studi, jenjang, dan jenis sekolahnya.    

  • Kebijakan

Kebijakan yang dilakukan oleh UPT PPL Undana adalah untuk mencapai tujuan dan sasaran secara berkesinambungan, antara lain:
Memberi layanan penggunaan ruangan dan sarana micro teaching kepada jurusan / program studi yang berkaitan  dengan mata kuliah pengajaran micro teaching terhadap mahasiswa FKIP,

  1. Memberi kesempatan bagi mahasiswa FKIP yang memenuhi syarat untuk mengikuti Program Pengalaman Lapangan di   sekolah mitra.
  2. Memberi kesempatan bagi mahasiswa FKIP yang sudah mendaftar melaksanakan PPL, untuk mengikuti pemantapan   dan pembekalan,
  3. Melakukan monitoring pelaksanaan PPL di sekolah-sekolah mitra yang terdiri dari PKBM,TK, sekolah dasaR,SMP, SMA,SMK  di Kota Kupang,
  4. Meningkatkan kerja sama kemitraan antara LPTK dengan sekolah–sekolah mitra melalui instansi lain yang berwenang (Dianas Pendidikan Kota dan Propinsi),
  5. Pengadaan tenaga teknisi peralatan micro teaching,
  6. Peningkatan kualitas kinerja staf administrasi,
  7. Pengadaan sejumlah peralatan kantor/administrasi,
  8. Pengadaan sejumlah peralatan edukatif untuk laboratorium micro teaching,
  9. Pengadaan buku-buku perpustakaan penunjang mata kuliah PPL dalam pelaksanaan PPL,
  10. Peningkatan penjaminan mutu pengelolaan PPL,
  11. Perbaikan dan tersedianya ruangan laboratorium mocro teaching.

 

  • Program

Program kegiatan yang disusun UPT PPL dalam mendukung pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan meliputi :

  1. Menyiapkan ruangan, peralatan micro teaching untuk pelaksanaan mata kuliah pengajaran micro teaching dari semua jurusan / program studi,
  2. Memberi pemantapan dan pembekalan dengan materi latihan praktek mengajar, menyusun perangkat mengajar, orientasi  dan observasi, materi pelaksanaan PPL  secara umum dan menyeluruh.
  3. Peningkatan kualitas praktek PPL mahasiswa calon guru di sekolah-sekolah mitra.
  4. Intensitas kehadiran monitoring di sekolah-sekolah mitra.
  5. Memberi penataran dan pelatihan guru pamong dari setiap sekolah mitra
  6. Mengirim staf administrasi untuk mengikuti pelatihan administrasi, komputer, manajemen, teknisi   laboratorium micro teaching,
  7. Pembelian sejumlah alat kantor, peralatan perpustakaan, ruang kuliah dan ruang laboratorium.
  8. Pembelian sejumlah alat perekam suara dan gambar.
  9. Pembelian buku-buku pelajaran, buku kurikulum TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan lainnya.
  10. Pengadaan buku pedoman pelaksanaan PPL, bahan ajar keterampilan dasar mengajar.
  11. Kunjungan ke UPT PPL di LPTK yang lebih maju dalam peningkatan pengelolaan PPL
  12. Memperbaiki sarana ruangan-ruangan dan sarana lain yang sudah rusak dan tidak berfungsi.
  • Kekuatan

Bagian ini berisi tentang kondisi yang berpengaruh terhadap eksistensi UPT PPL Undana.
Adapun kekuatan bagi eksistensi UPT PPL  dapat dijelaskan sebagai berikut ini.
UPT PPL memiliki struktur organisasi kepala UPT PPL bertanggungjawab langsung kepada Rektor.
UPT PPL memiliki pengelola yang terdiri dari:
(1) Pimpinan (kepala UPT) dan staf administrasi sebanyak 9 orang sebagai pelaksana.
(2) Pembina yang terdiri dari Pimpinan Universitas, Fakultas, dan Jurusan/Program Studi,
dan pimpinan dari Dinas Pendidikan Propinsi, Kota, dan Sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

share this article on

FacebookLinkedinTwitter