PROFIL PERPUSTAKAAN

Perguruan tinggi sebagai institusi yang ikut berperan memajukan pembangunan bangsa dalam bidang pendidikan memerlukan sebuah sarana sebagai pusat informasi dan dokumentasi untuk mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi. Pusat informasi dan dokumentasi tersebut adalah adanya perpustakaan yang sering disebut sebagai jantungnya perguruan tinggi yang secara terus menerus menyajikan informasi - informasi terkini berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada seluruh civitas akademika pada perguruan tinggi tersebut. Perpustakaan Universitas Nusa Cendana merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis untuk memberikan layanan informasi dan ilmu pengetahuan dalam bentuk koleksi bahan pustaka kepada civitas akademika yang terdiri dari mahasiswa, staf pengajar/peneliti (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi).

SISTEM PELAYANAN :
Sesuai amanat UU No. 43 Tahun 2007, maka pelayanan UPT. Perpustakaan sedang dalam masa transisi dari pelayanan manual ke pelayanan berbasis ICT kepada para pemustaka. Sofware yang digunakan saat ini adalah IBRA V.5 (Integrated Library Information System) sebagai paket program manajemen database untuk mendukung layanan administrasi dan system informasi Perpustakaan. Sampai saat ini sedang dilakukan proses pengentrian data koleksi bahan pustaka cetak.

JENIS PELAYANAN :
1.    Pelayanan administrasi, untuk melancarkan tata kerja UPT. Perpustakaan
2.    Pelayanan teknis, mengolah sumber informasi (koleksi pustaka cetak, digital, untuk disajikan kepada pemustaka)
3.    Pelayanan pemakai, penyajian informasi kepada pemustaka

WAKTU PELAYANAN :
Dibuka setiap hari kerja :
Hari Senin s/d Kamis, 07.30 – 16.00 WITA
Hari Jumat, 07.30 – 16.30 WITA
Hari Sabtu dan Minggu/Libur     : TUTUP

JASA PELAYANAN :
1.    Membaca ;
Setiap anggota Perpustakaan dapat memanfaatkan koleksi yang ada di UPT. Perpustakaan Undana selama jam kerja / waktu pelayanan. Bagi stakeholders yang bukan warga Undana, diperbolehkan memanfaatkan koleksi yang ada tetapi hanya untuk dibaca di tempat (ruang baca) atas izin dan sepengetahuan kepala UPT. Perpustakaan dengan menunjukkan identitas diri.
2.    Peminjaman ;
Peminjaman koleksi sebanyak – banyaknya 4 buku/sekali pinjam (2 buku berbahasa Indonesia dan 2 buku berbahasa asing). Batas waktu peminjaman adalah 1 minggu, dan dapat diperpanjang 1 kali (1 minggu). Denda keterlambatan pengembalian koleksi bahan pustaka akan dikenakan denda sebesar Rp. 1.000 perhari/perbuku.
3.    Pendidikan Pengenalan Perpustakaan (sering disebut pendidikan pemakai) ;
Diberikan kepada mahasiswa baru maupun civitas akademika lainnya yang dianggap belum memahami tentang peran dan tugas Perpustakaan Perguruan Tinggi, serta aturan – aturan atau tata tertib yang ada pada UPT. Perpustakaan Undana.



 

 

 

share this article on

FacebookLinkedinTwitter