Ujian SBMPTN Aman dan Tertib
31/05/2016
article thumbnail

Pelaksanaan ujian Seleksi  Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Selasa  (31/5) di Kampus Universitas Nusa Cendana (Undana), Politeknik Negeri Kupang, dan di beberapa sekolah mitra SMA Neg [ ... ]


NTT Harus Mampu Bersaing dalam MEA
27/05/2016
article thumbnail

PROVINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki potensi pariwisata, pertanian, perkebunan, pertambangan, energi terbarukan, tenaga kerja produktif serta potensi lainnya diharapkan agar mampu bersaing [ ... ]


Artikel Lainnya

Ujian SBMPTN Aman dan Tertib

Pelaksanaan ujian Seleksi  Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Selasa  (31/5) di Kampus Universitas Nusa Cendana (Undana), Politeknik Negeri Kupang, dan di beberapa sekolah mitra SMA Negeri dan SMPN di Kota Kupang berlangsung aman dan tertib. Seharusnya  hari ini, yang mengikuti ujian SBMPTN di Undana sebanyak 11.319 orang.  Tetapi setelah sekitar 27 menit ujian berlansung, cukup banyak peserta yang tidak hadir tanpa kabar yang jelas, kata penanggung jawab ruangan di SMP Negeri 2 Kupang, Ir. I Made Udiana, MT.

Pantauan watawan media ini, pelaksanaan ujian SBMPTN untuk semua sektor di semua lokasi berjalan aman dan tertib. Tetapi ada  kesalahan teknis penempatan nomor peserta di lokasi SMA Negeri 1 Kupang yang mengalami sedikit kendala. Terpantau, ada beberapa peserta yang mengikuti Tes Kemampuan Dasar Saintek di SMA Negeri 1 Kupang lupa membawa kartu peserta, tetapi masih diperbolehkan mengikuti ujian dengan syarat setelah itu harus menunjukkan kembali kartu peserta. Jika dalam batas waktu yang ditentukan oleh panitia, yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan kartu peserta, maka akan didiskwalifikasikan alias gugur dengan

NTT Harus Mampu Bersaing dalam MEA

PROVINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki potensi pariwisata, pertanian, perkebunan, pertambangan, energi terbarukan, tenaga kerja produktif serta potensi lainnya diharapkan agar mampu bersaing  dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang kini telah berlangsung. Pasalnya, bila sejumlah potensi yang dimiliki NTT tak mampu dimanfaatkan secara baik, maka NTT akan sulit bersaing dalam MEA dan kesejahteraan masyarakat akan sulit terwujud.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTT, Ir. Wayan Darmawa, MT  saat membuka seminar nasional dengan topik “Menyusun Rekomendasi Terkait Kesiapan NTT Menghadapi MEA” di ruang CCTV lantai tiga Undana Penfui, Selasa, (24/5). Hadir pada kesempatan itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Asia Tenggara, Rahmad Pramono, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph. D, dan beberapa pembicara hadir pada seminar sehari tersebut.

Wayan Darmawa yang mewakili Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka seminar tersebut mengatakan, substansi seminar tersebut sejalan dengan percepatan pembangunan. Karena itu, NTT harus berkontriubusi dalam meningkatkan daya saing MEA di kiawasan Asean. Ia meminta, pemerintah dan Perguruan Tinggi  (PT) harus bersama-sama mencari solusi mengatasi tantangan MEA, dan memanfaatkan peluang agar

Undana Gelar Sosialisasi Pengawas SBMPTN

DALAM rangka menyukseskan ujian tertulis atau Paper Based Test (PBT) melalalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) di Universitas Nusa Cendana (Undana),  tanggal 31 Mei 2016 mendatang,  seluruh panitia dan pengawas SBMPTN diwajibkan mengikuti sosialisasi tentang kebijakan SBMPTN.

Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph. D dalam paparannya tentang kebijakan SBMPTN,  kembali menegaskan, tahun ini tidak ada kebijakan afirmasi untuk meluluskan peserta melalui jalur SBMPTN, maupun melalui Seleksi Masuk Mandiri Undana (SMMU). Penentuan kelulusan melalui dua jalur tersebut, tandas  Fred Benu berdasarkan hasil ujian tertulis. “Jadi tidak ada kebijakan afirmasi untuk anak-anak kita lulus. Penentuan kelulusasan harus berdasarkan hasil tes tertulis,” tegas rektor ketika memaparkan materi SBMPTN bagi 1.132 pengawas SBMPTN yang mengikuti sosialisasi di Aula Undana Penfui, Rabu (25/5). Karena itu, untuk lulus dijalur SBMPTN dan jalur mandiri, maka para peserta ujian harus mempersiapkan diri dengan kompetensi akademik yang dimiliki.

Dijelaskannya, tahun ini Undana akan menerima 7.165 mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri atau Seleksi Masuk

11.319 Cama Undana Siap Ikut Ujian Tulis SBMPTN

  Undana-Unimor 13.699

Sebanyak 11.319 calon mahasiswa (cama) Universitas Nusa Cendana (Undana), Selasa (31/5) siap mengikuti ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia SBMPTN Lokal 66 Kupang, Dr. David B.W. Pandie, MS  kepada koran ini, Rabu, (25/5) di ruang kerja lantai dua Undana Penfui menjelaskan, jumlah tersebut berdasarkan rekap data terakhir pendaftaran calon mahasiswa baru secara online sejak pembukaan 25 April hingga penutupan, 23 Mei 2016 pukul 10 Wita, tercatat 11.319 orang yang mendaftar.

Perinciannya, untuk kelompok Saintek 3.262 orang, Soshum 3.870 orang, dan kelompok Campuran sebanyak 4.187 orang. “Jadi jumlah calon mahasiswa Undana tahun ini jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 10.346 orang, berarti mengalami kenaikan sebanyak 973 orang,” katanya.

Menurutnya, dari jumlah tersebut, calon mahasiswa Undana akan memperebutkan 2.414 kursi yang tersedia sesuai dengan daya tampung Undana pada 11 fakultas di lingkungan Undana. Rinciannya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 762 kursi, Fakultas Peternakan (Fapet) 120 kursi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 340 kursi, Fakultas Hukum (FH) 160 kursi, Fakultas Pertanian (Faperta) 178 kursi, Fakultas Sains dan Teknik (FST) 450 kursi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 100 kursi, Fakultas Kedokteran (FK) 20 kursi, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 20 kursi, Fakultas Keluatan dan Perikanan (FKP) 84 kursi dan sisa 180 kursi untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Butuh Komitmen Tingkatkan Peringkat Akreditasi Prodi

DALAM rangka meningkatkan peringkat akreditasi program studi (Prodi) yang ada di 11 fakultas di lingkungan Universitas Nusa Cendana (Undana), maka butuh komitmen dan tanggungjawab dalam bekerja sama, baik antara pimpinan fakultas, pimpinan prodi  serta pimpinan lainnya dan juga staf. Pasalnya, bila tidak memiliki komitmen  dan tanggungjawab dalam bekerja, maka tidak akan menciptakan hasil yang baik, kata Rektor Undana, Prof. Ir, Fredrik L. Benu, M.Si., Ph. D dalam  arahan ketika bertatap muka dengan  para pimpinan fakultas, program studi, biro dan unit lain di ruang teater, lantai tiga  Undana, Penfui, Jumat (20/5).

Ia mengatakan, terdapat 57 prodi di Undana, 30 prodi diantaranya memiliki peringkat B dan 27 prodi masih memiliki  peringkat C. Karena itu, prodi yang masih berperingkat C agar ditingkatkan menjadi B, begitupun dengan peringkat B agar ditingkatkan menjadi A. Hal ini penting, kata Rektor, Fred Benu, dunia kerja, baik swasta maupun pemerintahan, kini sudah menerapkan lulusan perguruan tinggi (PT) yang berakreditasi B dan A. Bila mahasiswa Undana lulus dengan mengantongi akreditasi C, maka sulit bersaing di dunia kerja. Dikisahkan Rektor, Prof. Fred, ketika ia bertemu dengan Dekan  Fakultas Peternakan, Ir. Agus Kondamalik, bahwa dalam rangka meningkatkan

Naskah Hibah Anggaran PDD Undana Di Bajawa Ditandatangani

Guna mendukung proses pendidikan tinggi sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi Di Luar Domisili (PDD), maka Pemerintah Kabupaten Ngada  dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) sepakat menandatangani naskah perjanjian hibah daerah dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk penyelenggaraan PDD Undana  di Bajawa.

Naskah perjanjian hibah daerah  ditandatangani masing-masing di ruang kerja Rektor lantai dua Undana Penfui, Jumat (20/5)  oleh Bupati Ngada, Marianus Sae, S.AP selaku pihak pertama, dan Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si.,Ph.D sebagai pihak kedua,  disaksikan oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik, Dr. David B.W. Pandie, MS, Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Prof. Drs. Mangadas Lumban Gaol,M.Si.,Ph.D, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M.Hum dan Pembantu Rektor Bidang Kerjasama, Ir. I Wayan Mudita, M.Sc.,Ph.D.

Pasal 3 dari naskah perjanjian kerjasama menyebutkan, jumlah uang yang dihibahkan oleh pihak pertama kepada pihak kedua sebesar Rp.1.700.000.000. Pemberian dana hibah tersebut diatur dalam Permendagri No.32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber APBD,

Tiga Mahasiswa Undana Sabet Juara

 Lomba ON MIPA di Denpasar, Bali

SEBANYAK 3 dari 7 orang mahasiswa yang diutus mewakili Universitas Nusa Cendana (Undana) unuk mengikuti ajang lomba  Olimpiade Nasional (ON) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) Perguruan Tinggi (PT) tingkat regional di Denpasar, Bali  tanggal 5 hingga 6 April lalu, berhasil merebut juara dalam ajang tersebut. Tiga mahasiswa tersebut adalah Arga Rihi Leo, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi (Prodi) Matematika, merebut juara satu. Albert M. Kumanireng, Fakultas Sains dan Teknik (FST) Prodi Matematika, juara dua, dan Diminukus R. Lamapada (FKIP, Prodi Fisika) berhasil meraih juara tiga.   Tiga mahasiswa tersebut juga dipastikan akan mengikuti  event yang sama pada tingkat nasional tanggal 24 hingga 25 Mei di Jakarta.

Ketiga mahasiswa tersebut ketika menemui Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si.,Ph. D di ruang kerjanya tampak sumringah didampingi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M.Hum, Ketua Panitia Seleksi Tahap I ON-MIPA tingkat  universitas, Christiene B. Ginting, M.Si.

Rektor Undana, Prof. Fred Benu pada kesempatan itu mengaku bangga dan berterima kasih atas capaian prestasi tiga mahasiswa tersebut. Pasalnya, tiga mahasiswa tersebut telah berjuang mengharumkan nama Undana di kancah regional. Dan, pada bulan ini mereka akan kembali berjuang di kancah nasional.

Perbaiki Pelayanan, GH Undana Diresmikan

DALAM rangka memperbaiki pelayanan,  PT. Pembangkit Listrik Negara (PLN) Wilayah NTT, maka manejer PT PLN NTT, Richard Safkaur dan Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik L. Benu meresmikan Gardu Hubung (GH) Undana, Jumat (20/5) yang berlokasi di dalam kompleks Undana. Rektor Undana, Prof. Fredrik dalam sambutannya mengapresiasi upaya yang dilakukan PLN.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Pemberian lahan kepada pihak PLN untuk pembanguna GH Undana, kata  Benu, karena Undana pun ingin mewujudkan fungsi perguruan tinggi (Tri Dharma), yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada pada masyarakat. “Undana secara khusus mendukung PT. PLN Wilayah NTT dengan memberi aset berupa tanah agar didirikan GH Undana. Ini untuk memberi bantuan dalam bentuk supply power yang lebih baik, kepada masyarakat maupun kepada Undana,” ujarnya.

Sebagai pimpinan, kata Rektor, ia selalu mendapat keluhan dari sejumlah civitas akademika lainnya, terkait dengan supply listrik dalam lingkungan Undana. Karena itu, pihaknya berharap dengan beroperasinya GH Undana, maka masalah listrik bisa teratasi, khususnya di Undana. Rektor mengakui, akibar supply listrik yang tidak merata, maka sejumlah peralatan listrik terutama di beberapa laboratrorium (lab)  di Undana tidak dimanfaatkan. Pasalnya, kata dia, tingkat sensitifitas beberapa peralatan lab terhadap ketidaknormalan supply power sangat tinggi. Bahkan,  ada peralatan lab yang mengalami kerusakan, akibat tidak

Page 1 of 30

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »