Purek III Undana, lepas Tim Hiking Gunung Mutis
22/08/2014
article thumbnail

Pembantu Rektor III Undana, Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M. Hum melepas 9 orang tim hiking ke Gunung Mutis. Acara pelepasan tersebut dilaksanakan di gedung rektorat lantai 1 Undana Penfui (20/8). Kegiat [ ... ]


Jadilah Mahasiswa yang Berkarakter Baik
20/08/2014
article thumbnail

Siaran Pers Kepala Humas Undana, David Sir,S.Sos.,M.Hum, mengatakan, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si.,Ph.D meminta kepada seluruh mahasiswa baru Undana unt [ ... ]


Artikel Lainnya

Purek III Undana, lepas Tim Hiking Gunung Mutis

Pembantu Rektor III Undana, Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M. Hum melepas 9 orang tim hiking ke Gunung Mutis. Acara pelepasan tersebut dilaksanakan di gedung rektorat lantai 1 Undana Penfui (20/8). Kegiatan hiking tersebut dalam rangka memeriahkan Dies Natalies ke-52 Undana, dipimpin langsung oleh Pembantu Rektor IV Undana, Ir. I Wayan Mudita, M. Sc., Ph. D. Turut hadir pada kesempatan itu, Dekan FKM Undana, Dra. Engelina Nabuasa, MS.

Dalam sambutannya, Prof. Simon Ola mengatakan dimensi kehidupan vertikal sangat sulit dilakukan yaitu antara manusia dengan Allah, dengan demikian bagi peserta pendaki gunung Mutis diingatkan bahwa karakter alam kadang-kadang rumit. Unsur budaya yang perlu diperhatikan saat pendakian, karena dengan memahami budaya, kita dapat menjaga perilaku.

“Jadi, ini merupakan momentum yang tepat karena Undana tidak hanya berteori tentang menjaga alam tapi juga terjun langsung dari Undana, sehingga secara langsung beradaptasi dalam masyarakat,” katanya.

Jadilah Mahasiswa yang Berkarakter Baik

Siaran Pers Kepala Humas Undana, David Sir,S.Sos.,M.Hum, mengatakan, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si.,Ph.D meminta kepada seluruh mahasiswa baru Undana untuk mengenal Undana secara utuh, mengenali proses belajar selama mahasiswa itu berada di kampus dan tahu cara berinteraksi dengan benar terhadap pimpinan Undana, dosen, tenaga kependidikan serta sesama senior mahasiswa. Karena itu pihaknya mengharapkan kepada mahasiswa baru Undana agar jadilah mahasiswa yang berkarater baik, raihlah kesuksesan akademik, peliharalah sikap sopan santun yang baik dan jadilah anutan bagi semua orang di dalam  maupun di luar kampus Undana.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Rektor, Prof. Fred Benu ketika menyampaikan materi dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKBMB) di Aula Undana Penfui, Senin, (18/8). “ Di kampus Undana tidak ada pemabuk, pemadat, tukang pukul, penipu, pencuri, tidak taat, tidak punya rasa hormat pada sesama, terutama pada yang lebih tua. Yang ada dalam kampus ini adalah orang-orang ilmiah yang selalu bangun interaksi yang baik terhadap sesama komunitas Undana,” kata Benu dihadapan 2.910 orang mahasiswa baru Undana.

Mendikbud: Persiapkan Generasi Muda Tangguh

Tantangan Masa Depan Lebih Berat

Tantangan dan persoalan yang akan dihadapi bangsa Indonesia kedepan sungguh jauh lebih berat dan rumit. Karena itu pemerintah perlu mempersiapkan generasi muda yang tangguh untuk mampu mengelola dan menjawab berbagai persoalan melalui layanan pendidikan yang semakin terjangkau dan semakin berkualitas.

Demikian sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Mohammad Nuh yang dibacakan oleh Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si.,Ph.D, saat memimpin Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 di Stadion Olahraga Kampus Undana Penfui, Minggu, (17/8). Hadir pada kesempatan itu, seluruh jajaran pimpinan universitas, pascasarjana, fakultas, lembaga, biro, dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa baru.

Sebut M. Nuh, sedikitnya dua hal yang sangat mendasar, terkait dengan layanan pendidikan. pertama, akses untuk mendapatkan layanan pendidikan yang di dalamnya dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan. Seperti bantuan siswa miskin, pengiriman guru untuk daerah terpencil, terdepan dan tertinggal melalui SM3T, bantuan operasional untuk perguruan tinggi negeri (BOPTN), pendirian perguruan tinggi negeri baru dan sekolah berasrama, merupakan upaya untuk meningkatkan akses secara inklusif dan berkeadilan. Akses untuk mendapatkan layanan pendidikan telahmeningkat drastis

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU

Hasil  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Afirmasi empat program studi baru berdasarkan nilai SNMPTN dan SBMPTN tahun 2014 telah diumumkan. Titik klimaks nampak dengan dua rona di wajah peserta. Rona yang pertama, mereka memperlihatkan raut wajah berseri, cerah dan bahagia, karena mereka dinyatakan lulus melalui tiga jalur tersebut diatas. Mereka inilah yang akan menjadi mahasiswa baru di satu-satunya universitas negeri di NTT. Rona yang kedua, mereka memperlihatkan raut wajah yang lesu, suram dan kecewa, karena mereka ini dinyatakan tidak lulus lewat ketiga jalur tadi. Otomatis niat mereka untuk menjadi mahasiswa  Undana tertunda. Kalaupun mereka ingin kuliah, alternatif lainnya adalah masuk di universitas swasta yang ada di NTT.

Bagi mereka yang lulus melalui tiga jalur tersebut  telah mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Undana, Rektor dan jajaran pimpinan Universitas, Program Pascasarjana, Fakultas, Lembaga, Biro, dan Dewan Redaksi Buletin Undana menyampaikan ucapan selamat datang di Kampus Cendana, satu-satunya universitas negeri di NTT. Kampus ini siap menerima saudara, karena memang orangtua kita turut membangun Undana ini untuk kita,

6.000-an Warga Undana Jalan Sehat

Kurang lebih 6.000-an warga Universitas Nusa Cendana (Undana), Selasa (12/8) pagi  menggelar jalan sehat. Jalan sehat ini merupakan bagian dari berbagai kegiatan menyambut Dies Natalis Undana ke 52 tahun, tanggal 1 September 2014 nanti yang akan ditandai dengan Wisuda Magister dan Sarjana. Ketua Panitia, Dra. Engelina Nabuasa, MS  mengemukakan, kegiatan jalan sehat warga Undana merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut pelaksanaan Dies Natalis ke-52 Undana dan HUT FKM Undana ke-13.

Untuk tahun ini, kata Nabuasa, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana  ditunjuk oleh Rektor, Prof. Fred Benu sebagai panitia Dies Natalis Undana. “Jadi jalan sehat dipimpin langsung oleh Rektor, Prof. Fred. Benu, para Pembantu Rektor, dan dipandu oleh Dr. Marcel Robot, M.Si,  dimulai dari halaman depan kantor rektorat Undana Penfui, keluar menuju jalan Piet A. Tallo, menelusuri bundaran PU, terus kembali ke jalan El Tari I kemudian masuk kampus  finish di depan gedung FKM Undana Penfui. Kurang lebih sekitar 6000 orang yang mengikuti jalan sehat. Peserta jalan sehat merupakan keluarga besar Undana, dan mahasiswa baru Undana dari berbagai fakultas di lingkungan Undana,” katanya.

2.026 Cama Lulus SBMPTN Undana

Dari 11.436 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun Akademik 2014/2015 Universitas Nusa Cendana (Undana), yang berhasil lolos hanya 2.026 orang.

Hal ini dikemukakan Ketua SBMPTN lokal Kupang, Dr.David B.W. Pandie, MS saat menerima wartawan media ini di ruang kerja lantai dua Undana Penfui, Senin 21 Juli 2014. Untuk 2.026 Calon Mahasiswa (Cama) Undana yang lulus itu akan dibagikan pada sebelas fakultas di lingkungan Undana, masing-masing, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 593 orang, Fakultas Peternakan (Fapet) 144 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 306 orang, Fakultas Hukum (FH) 169 orang, Fakultas Pertanian (Faperta) 189 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 105 orang, Fakultas Sains dan Teknik (FST) 302 orang, Fakultas Kedokteran (FK) 38 orang, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 40 orang, Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) 66 orang dan sisa 74 orang diterima di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undana.

Undana Terima 23 Mahasiswa Afirmasi Papua

Universitas Nusa Cendana (Undana) pada tahun akademik 2014/2015 menerima mahasiswa baru jalur Adik (Afirmasi Dikti) asal Papua dan Papua Barat sebanyak 23 orang. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Undana, Prof.Dr. Simon Sabon Ola, M.Hum mengatakan hal itu di ruang kerjanya lantai dua Undana Penfui, Rabu (13/8).

Menurutnya, ke-23 lulusan siswa SMA dikawasan terluar dan tertinggal   yang mengikuti program afirmasi di perguruan tinggi karena rata-rata tingkat ekonominya sangat minim dibawah target atau belum layak.

Ke-23 calon mahasiswa Afirmasi Dikti yang dinyatakan lulus dan diterima sebagai mahasiswa Undana untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 12 orang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 1 orang.  Fakultas Pertanian (Faperta) 2 orang. Fakultas Sains dan Teknik (FST) 2 orang. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 2 orang. Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 1 orang. Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) 1 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 1 orang. “Jadi mereka ini  dilayani secara baik seluruh kegiatan yang berkaitan dengan akademik mulai semester ganjil 2014/2015 di fakultas masing-masing sesuai dengan ketentuan,” kata Ola. (ds).

Penetapan UKT Undana

Pungutan Lain Dilarang

Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si.,Ph.D,  menegaskan, dengan ditetapkannya Uang Kuliah Tunggal (UKT) atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi mahasiswa baru  Undana tahun 2014, maka kepada unit kerja lain masing-masing di lingkungan Undana untuk tidak memungut biaya lain-lain, selain UKT yang telah ditetapkan.

Permintaan tersebut disampaikan Rektor, Prof. Fred Benu dalam rapat lengkap pimpinan Universitas, Fakultas, Lembaga, Biro dan Bagian di ruang CCTV lantai tiga Undana Penfui, Senin, (4/8).

“Saya tegaskan kembali, dengan keluarnya UKT Undana, maka dilarang kepada pimpinan fakultas, dan jurusan untuk tidak memungut biaya lain-lain selain UKT, karena banyak keluhan dari bawah di beberapa fakultas masih memungut biaya lain-lain. Saya cukup tahu tentang kesulitan yang dialami oleh para pimpinan di fakultas dan jurusan. Tetapi kami pimpinan yang berada ditingkat rektorat punya kewajiban untuk menyampaikan informasi ini bahwa tidak boleh ada lagi pungutan lain-lain selain UKT selama mahasiswa mengikuti studi di Undana,” kata Benu yang saat itu didampingi Pembantu Rektor I, II, III, IV, Dr. David B.W. Pandie, MS, Ir. D. Roy Nendissa, MP, Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M.Hum, Ir. I Wayan Mudita, M.Sc.,Ph.D dan Karoadak, Drs. Daud U.Z. Kamuri, M.Si.

share this article on

FacebookLinkedinTwitter