Research and Community Development

Pusat Pendidikan Pelatihan dan Evaluasi Pembelajaran

INFO PELATIHAN

LP3 akan mengadakan pelatihan Applied Approach bagi Dosen di Lingkungan UNDANA. Pelatihan ini akan dilaksanakan dari tanggal 03 Desember 2012 s/d 22 Desember 2012. Peserta ditargetkan 40 orang dari seluruh Fakultas di Undana. Untuk pelatihan AA ini LP3 mengundang juga Instruktur dari LPPM UT.

PELATIHAN PEKERTI BAGI BIDAN PENDIDIK DI UNDANA
Berdasarkan UU no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan juga UU no.14 tahun 2005, tentang guru dan dosen merupakan dasar kebijakan untuk memperkuat eksistensi tenaga kependidikan sebagai tenaga profesional.

Dalam rangka memperkuat eksistensi tenaga kependidikan sebagai tenaga professional, maka kualitas profesi tenaga pendidik perlu diupayakan, baik melalui ketentuan kualifikasi pendidikannya maupun kegiatan in-service training dengan berbagai bentuknya seperti pendidikan dan latihan.

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) adalah kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta mengenai dasar-dasar teknik instruksional, sehingga peserta berkemampuan untuk (a) merancang pembelajarannya dengan lebih rasional, (b) menyajikan kuliah dengan lebih menyenangkan, dan (c) menilai hasil belajar dengan lebih adil.

Dalam pelaksanaannya program PEKERTI diarahkan pada upaya mengawal KBK, yang diharapkan menjadi landasan bagi pembentukan profesi tenaga kependidikan. Peningkatan kemampuan pendidik dalam program PEKERTI diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sebagai wujud pelaksanaan KBK.

Pelatihan PEKERTI bagi bidan pendidik tahun 2012 ini dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat Lama dari tanggal 08 s/d 13 Agustus 2012 dengan jumlah peserta 24 orang yang terdiri dari:

  • S1 Kebidanan Komunitas FKM Universitas Indonesia (2 orang)
  • D4 Klinik Surabaya (4 orang)
  • D4 Bidan Pendidik Poltekes Kemenkes Kupang (18 orang)

 


Sumber dana untuk kegiatan Pelatihan PEKERTI ini diperoleh dari swadaya peserta.
Diakhir program ini, peserta pelatihan diharapkan mampu mengajar secara lebih efektif dan efisien. Dan secara Secara khusus peserta program PEKERTI diharapkan mampu:

  • Merancang program pembelajaran jangka panjang untuk satu semester berupa Garis Besar Program Pembelajaran
  • Merancang program pembelajaran jangka pendek untuk setiap pertemuan berupa Satuan Acara Pembelajaran (SAP)
  • Mengajar dengan Trampil
  • Mengevaluasi hasil belajar dengan pendekatan assessment berbasis KBK

 


 

 

APPLIED APPROACH DOSEN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES KUPANG


Undana bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang mengadakan kegiatan pelatihan bagi dosen-dosen di lingkungan Politeknik Kemenkes Kupang yang dilaksanakan pada 08 s/d 15  Agustus 2012 (tatap muka) dan dilanjutkan dengan kegiatan mandiri  (16, 27 s/d 31 Agustus 2012, 01 s/d 06 September 2012). adapun peserta yang terlibat dalam pelatihan ini berjumlah 42 0rang.