Sambutan

Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana (Lemlit Undana) adalah salah satu dari empat lembaga yang ada dalam struktur Undana. Tiga lembaga lainnya adalah Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM), Lembaga Pengkajian dan Pembelajaran (LP3) dan Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI). Secara operasional penjabaran tugas Lembaga Penelitian diatur pada pasal 35 dari Keputusan Mendikbud RI Nomor 0180/0/1995 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Nusa Cendana.

Kinerja Lembaga Penelitian Undana sesuai dengan fungsinya yaitu melakukan koordinasi pelaksanaan penelitian dari pusat-pusat penelitian dan fakultas di Undana serta mengarahkan penelitian berdasarkan agenda penelitian, menyampaikan informasi penelitian, kerjasama penelitian, meningkatkan kapasitas peneliti, menyebarluaskan Informasi penelitian dan melaksanakan kegiatan administrasi penelitian.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi di bidang penelitian (Lemlit Undana) membawahi 15 pusat penelitian diantaranya:

01. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (PPLHSA)

02. Pusat Penelitian Kependudukan (PPK)

03. Pusat Penelitian Lahan Kering (PPLK)

04. Pusat Penelitian Gender dan Anak (PPGA)

05. Pusat Studi Advokasi Hak Asasi Manusia (PS-HAM)

06. Pusat Penelitian Perikanan dan Kelautan (P3K)

07. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sapi Bali-Timor

08. Pusat Penelitian Manajemen

09. Pusat Penelitian Hak Kekayaan Intelektual

10. Pusat Penelitian dan Pengembangan Umbi-Umbian dan Kacang-Kacangan

11. Pusat Studi Kebudayaan dan Pariwisata

12. Center For Australia and Pasific Studies

13. Pusat Penelitian dan Pengembangan Cendana dan Arboretum

14. Pusat Studi Perubahan Sosial dan Politik Lokal

15. Pusat Penelitian Kebijakan Kesehatan dan Kedokteran

Dengan mengucapkan syukur Kepada Tuhan yang Maha Esa, karena dengan adanya website ini dimaksudkan selain untuk memberikan informasi mengenai kegiatan penelitian baik internal maupun eksternal, termasuk pula berita, tautan, serta semua hal yang menyangkut kegiatan tersebut.

Kami mengharapkan agar segenap sivitas akademika dapat memanfaatkan fasilitas ini, demikian pula lembaga lain di luar akan mendapatkan gambaran tentang aktivitas terkait, sehingga dapat menghasilkan kerjasama yang saling mendukung. Kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang berharga dari semua pihak atas upaya yang telah dilakukan ini.

Lebih jelas tentang keberadaan kami di Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana, maka dapat dilihat link dibawah ini http://www.lpundana.ac.id

Demikianlah, semoga Tuhan yang maha kuasa memberkati kita semua.

 

 

Ketua Lembaga Penelitian,



Prof. Dr. Mien Ratoe Oedjoe, M.Pd