Marine and Fisheries Research Centre

Dr. Ir. Fonny J.L Risamasu, M.Si, Lahir di Paperu, pada tanggal 24 Januari 1964, pendidikan di: S-1 Manajemen Sumberdaya Perairan (minat Penangkapan Ikan) di Unpatti Ambon (1983-1989), S-2 Teknologi Kelautan di Pascasarja IPB (1997-2000), S-3 Teknologi Kelautan di Sekolah Pascasarjana (2003-2008). Saat ini sebagai dosen tetap pada Fakultas Pertanian Undana, Mata Kuliah yang Diampu: 1). Ikhtiologi; 2). Dasar-dasar Penangkapan Ikan; 3) Ekologi Perairan; 4). Pengantar Oseanografi; 5). Konsevasi Sumberdaya Perairan.

Jabatan Struktural Kepala Pusat Penelitian Perikanan dan Kelautan (P3K), merupakan salah satu pusat yang bernaung di bawah Lembaga Penelitian Undana. P3K berdiri pada tanggal, 6 Agustus 2001. Sejak berdiri sampai saat ini P3K telah melaksanakan berbagai kegiatan di bidang pendidikan dan latihan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kelautan dan perikanan. Keberadaan Pusat Penelitian ini merupakan salah satu lembaga yang berperan membantu pemerintah dalam menyiapkan data dan informasi, serta mengatasi masalah pembangunan di bidang Kelautan dan Perikanan.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai rangkaian kegiatan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan Pemerintah Daerah, maupun dengan lembaga lain. Demi meningkatkan kinerja Pusat Penelitian Perikanan dan Kelautan (P3K) ini, maka kegiatan-kegiatan yang dilakukan tidak hanya dilakukan sendiri, tetapi butuh keterpaduan dan kerjasama dengan lembaga lain yang berkompeten di bidang perikanan dan kelautan. Untuk melakukan kegiatan, Pusat Penelitian Perikanan dan Kelautan (P3K) telah bekerjasama dengan Pemda NTT dan pihak luar. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, maka kegiatan penelitian di bidang perikanan dan kelautan dapat dilakukan secara bersama-sama dengan mitra. Hasil kegiatan ini kiranya dapat membantu pemerintah daerah dalam memecahkan persoalan pembangunan di bidang perikanan dan kelautan di NTT.

Visi kami yaitu menjadi pusat unggulan penelitian yang berdaya saing dan berwawasan global dalam pengembangan IPTEK di bidang kelautan dan perikanan. dengan misi menyelenggarakan penelitian dan kegiatan lainnya dalam pengembangn IPTEK dibidang kelautan dan perikanan dan berkontribusi pada pembangunan daerah dan masyarakat,yang bertujuan :1).Mengembangkan sumberdaya manusia yang berkualitas di bidang perikanan dan kelautan melalui pendidikan dan latihan. 2).Meningkatkan IPTEK melalui kegiatan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kelautan dan perikanan.3).Membangun jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan dan latihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak stakeholder baik di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Ruang Lingkup Bidang Penelitian kami meliputi : 1). Perikanan tangkap; 2). Budidaya Perairan; 3) Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan; 4).Sosial Ekonomi Perikanan; 5).Manajemen Sumberdaya Perairan; 6).Bioteknologi Kelautan

Lebih jelas tentang keberadaan kami,dapat menghubungi kami dengan alamat: Gedung Lembaga Penelitian Undana Lantai 2, Jl. Adisucipto, Penfui,Kupang 85001, NTT, Telepon/Faksimili:62-380-881650,Email: Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

 

Kupang, 1 April 2014

Kepala Pusat Penelitian Perikanan dan Kelautan

 

 

Dr. Ir. Fonny J.L Risamasu, M.Si

 

Related News