Profil Semi-Arid Agriculture Research Centre

Pendahuluan

Pusat Penelitian Lahan Kering Undana, merupakan salah satu Pusat penelitian yang berada di bawah Lembaga Penelitian Undana. Pusat ini didirikan pada tahun 1987 dengan nama: Pusat Pengkajian Pengembangan dan Informasi Pertanian Lahan Kering Undana (LP3IPLK Undana), yang kemudian berubah nama menjadi Pusat Penelitian Lahan Kering (PPLK) Lembaga Penelitian Undana. PPLK dipimpin oleh seorang Kepala Pusat dan dibantu oleh tenaga peneliti dari berbagai bidang Ilmu di dalam lingkup Undana. Propinsi NTT merupakan daerah yang didominasi oleh lahan kering, yang mempunyai corak geografi, agroklimat semi ringkai dan modal sosial budaya yang khas. Di samping itu, provinsi NTT merupakan provinsi yang usaha pertaniannya sangat dipengaruhi oleh adanya perubahan iklim global. Oleh karena itu pengembangan lahan pertanian di wilayah ini memerlukan pendekatan penelitian yang lebih spesifik. PPLK Lembaga Penelitian Undana diharapkan dapat menunjang keberhasilan Undana, pemerintah, dan lembaga non pemerintah dalam pengembangan lahan kering serta upaya adaptif terhadap perubahan iklim global.

Visi

Pusat penelitian dan informasi yang unggul dalam penelitian IPTEKS lahan kering semi ringkai kepulauan tropis.

Misi

Membangun kemitraan lingkup regional, nasional, dan internasional dalam melakukan:

1. Penelitian lahan kering daerah semi ringkai yang berkelanjutan untuk mengembangkan ipteks dan menunjang dharma pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

2. Penelitian lahan kering untuk menghasilkan teknologi tepat guna bagi usahatani adaptif dan berkelanjutan di lahan kering semi ringkai.

3. Menjadi pusat informasi lahan kering semi ringkai.

Tugas Pokok

Untuk mewujudkan visi dan misinya, PPLK Lembaga Penelitian Undana melakukan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta jasa laboratorium dalam kaitannya dengan pengembangan lahan kering dan perubahan iklim global. Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut PPLK bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan non pemerintah, dalam dan luar negeri.

Bidang Penelitian

Kegiatan penelitian agak sulit untuk dilakukan PPLK secara mandiri karena masalah keterbatasan dana. Namun, melalui kerjasama dengan institusi Pemerintah serta pihak-pihak yang berkepentingan, maka kegiatan penelitian di PPLK dapat dilakukan. Program kegiatan penelitian yang diprioritaskan oleh PPLK Lembaga Penelitian Undana untuk ditawarkan dalam bentuk kerja sama dengan pihak yang berkepentingan meliputi:

1. Adaptasi bidang pertanian terhadap perubahan iklim

2. Survey dan evaluasi lahan.

3. Teknologi pemanfaatan lahan bermasalah (kekeringan, asiditas, salinitas, sodisitas, dan alkalinitas)

4. Sistem usahatani terpadu lahan kering (tanaman, ternak, hasil hutan non kayu termasuk pola tanam yang sesuai untuk setiap wilayah di NTT (mixed farming).

5. Konservasi tanah dan air, pengelolaan DAS, dan panen air.

6. Budidaya tanaman yang mempunyai keunggulan komparatif dan adaptif lingkungan lahan kering (cendana, lontar, gewang, kayu hutan, dll).

Sumberdaya

Dalam pelaksanaan kegiatannya, PPLK didukung oleh:

1. Tenaga peneliti di bidang pertanian (agronomi, ilmu tanah, ilmu hama dan penyakit tanaman, sosial ekonomi pertanian, produksi dan nutrisi ternak, teknologi hasil pertanian dan peternakan serta bidang lain yang berkualifikasi akademik master, doktor, dan profesor.

2. Laboratorium, rumah kaca, serta  kebun percobaan.

Hasil yang Sudah Dicapai

Beberapa capaian yang telah diperoleh meliputi:

1.  Program Pemberdayaan Hutan Kemasyarakatan (kerjasama dengan Departemen Kehutanan) di Desa Haeknutu dan Tesbatan, Kecamatan Amarasi. Kab. Kupang

2. Koleksi dan Identifikasi plasma nutfah tanaman pangan lokal berdaya hasil tinggi, dan adaptif terhadap cekaman biotik dan abiotik khas agroklimat NTT (kerjsama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan NTT).

Ubi Jalar lokal TTU, hasil tinggi, tahan hama boleng dan tahan penyakit kudis, agak tahan cekaman kekeringan

Ubi Jalar lokal TTS, hasil dan β-karoten tinggi, agak tahan cekaman kekeringan, tahan hama & penyakit utama

HUBUNGI KAMI

PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LAHAN KERING

Gedung Lembaga Penelitian Undana Lantai 2

Kampus C, Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang 85001, NTT

Telepon/Faksimili: 62-380-881650

YOSEP SERAN MAU, Kepala Puslitbang

Telepon (rumah): 62-380-827503, ponsel: 08123685440

E-mail : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya