Pusat Penelitian dan Pengembangan Cendana dan Arboretum

Pusat Penelitian dan Pengembangan Cendana dan Arboretum adalah salah satu Pusat yang di bentuk guna mempelajari dan menanam pohon-pohon dalam lingkungan kampus Undana maupun di luar, terutama jenis-jenis pohon asli Nusa Tenggara Timur, yang saat ini dianggap langka. Hutan dan sumber daya alam lainnya adalah milik bersama dan oleh karenanya semua memiliki kesempatan yang sama untuk memanfaatkannya.Pemanfaatan hutan yang dilakukan semena-mena akan menyebabkan bencana.

Akibat eksploitasi cendana yang terus menerus selama ini, pohon cendana terancam punah. Demikian pula dengan pohon-pohon atau tanaman-tanaman lainnya. Bencana dapat diperkecil jika dilakukan pemanfaat hutan secara bijaksana dan terencana. Selain penelitian juga dilakukan pengembangan berdasarkan pada hasil-hasil penelitian. Khusus bagi pohon cendana,  penelitian diarahkan untuk menghasilkan tehnologi perbenihan cendana sampai dengan tehnologi panen cendana. Sampai dengan saat ini peneltian cendana masih mengarah pada penelitian perbenihan cendana, penelitian pembibitan cendana, dan penelitian penanaman cendana.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Cendana dan Arboretum saat ini telah menguasai tehnologi perbenihan cendana dan tehnologi pembibitan cendana. Walaupun demikian penelitian tentang perbenihan maupun pembibitan cendana tetap dilakukan untuk memperoleh masukan demi memperbaiki tehnologi yang ada. Sedangkan untuk pohon-pohon lainnya dalam rangka menunjang pembangunan arboretum masih dalam taraf pengumpulan informasi mengenani jenis-jenis pohon khas NTT dari berbagai sumber, seperti dari kepustakaan, internet, instansi lain, maupun dari orang pribadi.

Untuk membangun atau mewujudkan sebuah arboretum tidaklah mudah. Untuk itu dibutuhkan komitmen semua pihak, komitmen kami, komitmen pimpinan Undana, komitmen pihak lain untuk menyelamatkan jenis-jenis pohon yang sudah semakin langka. Untuk menjadikan Propinsi NTT menjadi propinsi Cendana dan membangun sebuah arboretum dilingkungan Universitas Nusa Cendana dengan pohon-pohon khas NTT tidak saja membutuhkan cita-cita dan semangat saja tetapi juga membutuhkan tenaga dan dana. Tenaga dan dana milik anda, baik berasal dari dalam Undana maupun berasal dari luar. Semuanya bisa mendonasikan benih, anakan, tenaga, maupun dana untuk pembangunan Cendana dan Arboretum.

Lebih jelas tentang Pusat Penelitian dan Pengembangan Cendana dan Arboretum, maka dapat menghubungi kami melalui alamat : Gedung Lembaga Penelitian Undana, Lantai 2 Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang 85001, Nusa Tenggara Timur, Telepon/Faksimili: 62-380-881650, Email: muhamad_kasim @ ymail.com, Ponsel: 082145687586

 

Puslitbang Cendana Dan Arboretum

 

Dr.Ir. Muhamad Kasim, MP