Center For Australia and Pasific Studies

E-mail Cetak PDF

Pendahuluan

Centre For Australia and Pacific Studies merupakan salah satu pusat studi yang ada di bawah naungan Lembaga Penelitian (Lemlit) Undana. Filosofi pendirian pusat studi ini menurut Bapak Rektor Undana periode tahun 2004 – 2013 Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M. App. Sc., Ph.D adalah bagaimana Undana memanfaatkan posisinya yang cukup strategis dari segi tata letak terhadap kawasan Australia dan Pasifik dalam rangka menjalin kerjasama penelitian baik di bidang sosial maupun eksakta.

Visi dan Misi

Dalam rangka menudukung visi dan misi universitas maupun lembaga yaitu menjadi institusi yang berorientasi atau berwawasan global maka pusat studi ini diharapkan dapat menjadi pusat yang berperan dengan baik dalam memberdayakan keahlian-keahlian atau expertise yang dimiliki oleh Negara-negara di kawasan Pasifik dan Australia terhadap isu-isu pokok dan strategis sehingga terjadi pemahaman yang memadai antar warganya dan kedua Negara dapat menjadi Negara tetangga yang baik karena ‘good neighbours become good friends’. Dengan demikian diharapkan akan terjadi pemahaman dan saling pengertian yang mendalam di antara para warganya. Jika terdapat persaingan maka diharapkan kompetisi yang terjadi merupakan kompetisi yang sehat atau yang kita kenal sebagai ‘brain wars’.

Bidang Penelitian

Skope penelitian dari pusat ini adalah penelitian kerjasama di berbagai bidang terutama bidang-bidang yang berkaitan dengan isu-isu strategis yang melibatkan kawasan Australia dan Pasifik seperti daerah perbatasan , kerjasama pendidikan, isu budaya dan lain sebagainya.

Sumber Daya

Sumber daya dari pusat ini terdiri dari seorang Kepala pusat yang didukung dengan tenaga pendidikan. Di samping itu, sumber daya tenaga peneliti berasal dari staf-staf seluruh fakultas se Undana. Pusat ini juga memiliki satu ruang kantor dengan segala fasilitas untuk urusan kegiatan perkantoran.

Hal Yang Sudah Dicapai

Pusat ini sudah menggalang kerjasama dengan berbagai pihak di beberapa bidang:

a. Bekerja sama dengan AusAID, IALF Bali dan Undana Language Centre dalam memberikan pelatihan Bahasa Inggris bagi calon penerima beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) dalam program ELTA (English Lanaguage Training Assisstance) yang sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir dan direncanakan masih akan berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.

b. Bekerjasama dengan Charles Darwin University (CDU) dalam BRIDGE University Pilot Program UNDANA-CDU dengan menggunakan facilitas ICT seperti Wikispaces dan Web conference BBC (Blackboard Collaborate). Di dalam program ini, mahasiswa Undana dan mahasiswa bertindak sebagai penutur asli bahasa bagi mahasiswa partner. Pembelajaran bahasa dalam program ini juga dirancang dalam hubungannya dengan intercultural awareness di antara mereka. Program ini diharapkan akan dilanjutkan di waktu-waktu yang akan datang dengan melibatkan lebih banyak mahasiswa, bahkan direncanakan juga melibatkan lebih banyak universitas baik di Indonesia maupun Australia.

HUBUNGAI KAMI

CENTRE FOR AUSTRALIA AND PACIFIC STUDIES (CAPS)

Gedung Lembaga Penelitian Undana Lantai 2

Kampus C, Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang 85001, NTT

Telepon/Faksimili: 62-380-881650 AU

DR. MARIA LOBO, Kepala CAPS

Telepon (rumah): 62-380-833956, ponsel: 0852 3915 7632

Email: Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya .auSTRALI