INSTRUMEN PENILAIAN SOFT SKILL

Guna mewujudkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja dan atau bersaing dalam pasar kerja, Fakultas Peternakan terus berupaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran, baik yang terkait dengan aspekhard skill, maupun aspek soft skill. Upaya peningkatan kualitas dimaksud antara lain ditempuh melalui  evaluasi proses pembelajaran secara reguler disertai rencana tindak lanjut guna  meningkatkan mutu dan atau memperbaiki beragam kendala yang ditemu-kenali. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi aspek soft skill dalam proses pembejaran masih mengalami kendala. Kendala dimaksud antara lain berupa: a) belum optimalnya komitmen dosen/tim pengasuh mata kuliah dalam menerapkan aspek soft skill dan b) luasnya ruang lingkup aspek soft skill dan beragamnya persepsi dan pemahaman dosen/tim pengasuh mata kuliah dalam mengimplementasi dan menilai aspek soft skill.

Berdasarkan permasalahan di atas, Fapet Undana telah menetapkan kisi-kisi pengembangan instrumen penilaian soft skill (lampiran 1) dan lembar observasi untuk penilaian soft skill (lampiran 2). Penetapan kedua instrumen ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam penerapan dan penilaian aspek soft skill.

Catatan: Kedua instrumen seperti tertera pada lampiran 1 dan 2 dapat didownload melalui: https://akmalik.wordpress.com

Lampiran 1. Kisi-kisi Pengembangan Instrumen Soft Skill pada Fakultas Peternakan Undana, Kupang

I. KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

1

Organisasi ide/informasi

Keruntutan  ide/informasi (kronologis/induktif/ deduktif) yang disajikan/disampaikan

· Problem Based Learning (PBL),

· Cooperative Learning (CL)

· Diskusi

· Tugas lapang

· Observasi

· Uji petik

· Analisis dokumen

· Rubrik penilaian

· Lembar observasi

· Checklist

2.

Penggunaan Bahasa:

· Ketepatan

Ketepatan pemilihan kata (kebakuan dan keefektifan)

· Kejelasan

· Ketepatan, kelengkapan dan kejelasan struktur kalimat yang digunakan dalam menyampaikan ide/informasi

· Keruntutan dan kecukupan penjelasan terhadap ide/informasi yang disampaikan (kalimat topic diikuti sejumlah kalimat penjelas atau sebaliknya)

· Ketepatan penggunaan kata/penanda transisi

3.

Sikap  dan intonasi selama presentasi/diskusi/tanya jawab

· Memperhatikan lawan bicara dan atau anggota kelompok/audience selama mengajukan/merespon pendapat/pertanyaan

· Kualitas suara (intonasi dan volume) pada saat mengajukan/merespon pendapat/pertanyaan

· Observasi

· Uji petik

· Lembar observasi

· Kuesioner

· Checklist

4

Teknik dan sikap selama presentasi

· Menyajikan dan menerangkan substansi konten tugas/makalah/laporan secara ringkas, jelas dan komprehensif

· Tidak hanya membaca dan atau menunduk/tidak memperhatikan audience selama presentasi

 

II.  KEMAMPUAN BERPIKIR/BERNALAR

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

1

Membandingkan /membedakan

Membandingkan/membedakan data/fakta/pendapat/hasil dari berbagai sumber informasi yang digunakan dan memilih yang relevan/menunjang topic/judul/permasalahan dari tugas yang diberikan/kerjakan

2

Analisis hubungan

Menganalisis hubungan antara berbagai sumber data/informasi yang relevan sehingga jelas ruang lingkup permasalahan yang terkait dan relevan dengan topik/judul tugas

· PBL

· CL

· Diskusi

· Tugas lapang

· Observasi

· Uji petik

· Lembar observasi

· Checklist

3

Pola berpikir ilmiah:

Induktif /empiris

Menyajikan/menyampaikan data/pendapat/ide dari yang bersifat khusus ke umum

Deduktif /rasional

Menyajikan/menyampaikan data/pendapat/ide dari yang bersifat umum ke khusus

4

Simpulan

Simpulan mengacu pada tingkat urgensi hasil/temuan/ pembahasan, bukan merupakan ringkasan hasil

5

Solusi

Relevansi dan urgensi tawaran solusi/rekomendasi berdasarkantemuan/hasil dan pembahasan

III. KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

1

Identifikasi masalah

Keluasan, kedalaman dan kerelevansian masalah yang diidentifikasi sesuai dengan topic/judul

· Konstruktivisme:diskusi, Belajar

· PBL

· CL

· Analisis dokumen

· Wawancara

· Penugasan (case study)

· Observasi proses

· Rubric penilaian

· Pedoman analisis

· Pedoman wawancara

· Lembar observasi

· Skla rentang

2

Pembatasan masalah

Rasionalitas, kecukupan, dan relevansi ruang lingkup masalah masalah yang ditetapkan

3

Penentuan alternatif pemecahan masalah

· Alasan dan urgensi/tingkat kepentingan masalah yang ditetapkan

· Kaitan rumusan masalah dengan judul dan pembatasan masalah

4

Prosedur pemecahan masalah

Kesesuaian metede/prosedur penyelesaian masalah dengan karakteristik/sifat masalah

5

Hasil

Kedalaman, kelengkapan dan relevansi hasil dan pembahasan dengan ruang lingkup/rumusan masalah

6

Simpulan

Menyajikan substansi hasil dan pembahasan/temuan, bukan merupakan ringkasan pembahasan

7

Saran/rekomendasi

Saran/rekomendasi penyelesaian masalah (bila ada) mengacu pada hasil dan pembahasan/ temuan

IV. KERJASAMA TIM

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

1

Kontribusi  tim/kelompok

Tingkat partisipasi dan kontribusi anggota tim dalam mengerjakan dan menyajikan hasil kerja kelompok

· CL

· Diskusi

· Tugas kelompok

· Tugas lapang

· Observasi

· Story telling

· Uji petik

· Rubrik penilaian

· Lembar observasi

2

Tanggung jawab anggota tim

Anggota tim bertanggung jawab terhadap hasil kerja kelompok  sesuai dengan tugas/perannya dalam tim

3

Tidak mendominasi kelompok

Anggota kelompok yang lebih siap/aktif mendorong anggota kelompok lain yang kurang siap/kurang aktif  untuk berpartisipasi/berbicara

4

Menghargai pendapat orang lain

Mendengar pendapat anggota tim secara aktif/tidak memotong pembicaraan dan mengajukan pendapat/solusi lain secara santun jika pendapat tersebut berbeda dengan pendapat anggota kelompok lainnya

5

Bertanya dan merespon

Tingkat partisipasi anggota tim dalam mengajukan dan merespon pertanyaan

V. PENGELOLAAN INFORMASI

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

1

Kualitas sumber informasi

· Jumlah sumber informasi

· Sumber informasi (offline dan online, primer atau kutipan)

· Kualitas (relevansi dengan topic/judul, buku, jurnal dan tahun terbit)

2

Kualitas pengelolaan informasi

· Keluasan dan kedalaman analisis dan sintesis  berbagai sumber informasi yang relevan dan mendukung topic/judul

· Penugasan

· Peniaian proses

· Studi pustaka

· Analisis/telaah dokumen

· Rubric penilaian

· Lembar penilaian

3

Citasi

· Citasi sumber informasi dalam laporan sesuai/terdapat  dalam daftar pustaka dan sesuai dengan format penulisan

 

VI. ETIKA-MORAL

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

1

Jujur

· Tidak melakukan plagiat

· Berani mengakui kesalahan

· Mengapresiasi orang lain

· Tidak melakukan pemalsuan (mis:pemalsuan tanda tangan daftar hadir perkuliahan)

· Menyampaikan pendapat sesuai dengan fakta

· Keteladanan dosen (Role model)

· Membandingkan tugas-tugas yang dikumpulkan (sejauhmana tingkat kesamaan/ kemiripan)

· Secara regular melakukan pengecekan daftar hadir

· Mengapresiasi dan menguatkan sikap positif dan menekan sikap negative

· Observasi

· Uji petik

· Informasi/ dokomen terkait lainnya yang relevan dan dapat dipertanggung jawabkan (data/informasi dari pimpinan fakultas, dosen dan tenaga kependidikan)

· Rubric penilaian

· Lembar observasi

 

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

2

Tata karma

· Bertutur kata santun tetapi tetap berpikir kritis (santun dalam berargumen, mis maaf, salam, permisi, terima kasih)

· Toleransi (menghargai perbedaan pendapat)

· Meminta izin bila berhalangan untuk mengikuti perkuliahan/kerja kelompok/diskusi/keluar dari ruang kuliah

· Berpenampilan dan berperilaku sopan (tingkah laku, cara berpakaian, penggunaan HP)

· Role model (Keteladanan dosen)

· Pemberian tugas/diskusi kelompok

· Observasi

· Uji petik

· Informasi/ dokomen terkait lainnya yang relevan dan dapat dipertanggung jawabkan (data/informasi dari pimpinan fakultas, dosen dan tenaga kependidikan)

· Rubric penilaian

· Lembar observasi

3

Taat hukum/aturan

· Taat terhadap peraturan dan kebijakan fakultas serta peraturan lainnya yang relevan

· Menolak budaya instan (jalan pintas) yang mendorong pelanggaran akademik (menyontek, menjiplak tugas, menjiplak karya tulis)

· Role model (Keteladanan dosen)

· Pemberian tugas/diskusi kelompok

· Uji petik

4

Disiplin

· Kehadiran (tepat waktu)

· Mempersiapkan diri (mempelajari pokok bahasan dan mempersiapkan peralatan pendukung lainnya) sebelum mengikuti perkuliahan/mengerjakan tugas/diskusi

· Partisipasi dalam perkuliahan/diskusi/kerja kelompok

· Menyerahkan tugas sesuai  jadwal/kesepakatan

· Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan (walaupun tidak hadir,jika kondisi memungkinkan)

· Role model (Keteladanan dosen)

· Pemberian tugas/diskusi kelompok

· Uji petik

 

VII. KETRAMPILAN KEPEMIMPINAN

NO

DIMENSI/ASPEK YANG DINILAI

KRITERIA PENILAIAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

METODE

INSTRUMEN

1

Ketrampilan interpersonal

Mampu mempengaruhi dan mendorong semangat dan motivasi anggota kelompok untuk bekerjasama

· Role model (Keteladanan dosen)

· Pemberian tugas/diskusi kelompok

· Observasi

· Uji petik

· Rubric penilaian

· Lembar observasi

2

Ketrampilan orginasasi

Memimpin anggota kelompok lain untuk  merencanakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan

3

Ketrampilan pemecahan masalah

· Memimpin anggota kelompok lain untk menyelesaikan masalah secara mandiri

· Menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam menyelesaikan masalah

 

 

Lampiran 2. Lembar Observasi untuk Penilaian Individu/Kelompok

Komponen soft skill yang dinilai   : Kemampuan berkomunikasi

Sifat tugas                                         : Individu/Kelompok1)

Nama mahasiswa/kelompok         : ………………………………………...

Tugas ke                                            : ………………………........................

No.

Dimensi/Aspek yang dinilai

Bobot2)

Nilai

Ket.

<50

50-59

69-60

70-79

800-100

Total

Rataan3)

1.

Organisasi ide/informasi/outline

2.

Penggunaan Bahasa:

Ketepatan

Kejelasan

3.

Sikap  dan intonasi selama presentasi/diskusi/tanya jawab (kuallitas suara-ekpresi, volume dan intonasi

4.

Teknik dan sikap selama presentasi (hanya membaca , tetapi menyajikan/menerangkan substansi konten)

Jumlah

Rataan

Keterangan: 1) = coret yang tidak sesuai,

2) = Pembobotan terhadap setiap aspek yang dinilai ditentukan oleh dosen/tim penilai dengan memperhatikan keluasan dan

kedalaman criteria penilaian seperti diuraikan pada a) Rancangan criteria penilaian tugas dan b) grading scheme,

3) = Penentuan nilai akhir dalam bentuk huruf disesuaikan dengan nilai rataan    sesuai dengan pasal 33 ayat 7 Norma dan  Tolok Ukur

Komponen yang dinilai                  : Kemampuan berpikir/bernalar

Sifat tugas                                         : Individu/Kelompok1)

Nama mahasiswa/kelompok         : ………………………………………...

Tugas ke                                            : ………………………........................

No.

Dimensi/Aspek yang dinilai

Bobot2)

Nilai

Ket.

<50

50-59

69-60

70-79

800-100

Total

Rataan3)

1

Membandingkan /membedakan

2

Analisis hubungan

3

Pola berpikir ilmiah:

Induktif /empiris

Deduktif /rasional

4

Simpulan

5

Solusi

Jumlah

Rataan

Keterangan: 1) = coret yang tidak sesuai,

2) = Pembobotan terhadap setiap aspek yang dinilai ditentukan oleh dosen/tim penilai dengan memperhatikan keluasan dan

kedalaman criteria penilaian seperti diuraikan pada a) Rancangan criteria penilaian tugas dan b) grading scheme,

3) = Penentuan nilai akhir dalam bentuk huruf disesuaikan dengan nilai rataan    sesuai dengan pasal 33 ayat 7 Norma dan  Tolok Ukur

Komponen  yang dinilai                 : Kemampuan menyelesaikan masalah

Sifat tugas                                         : Individu/Kelompok1)

Nama mahasiswa/kelompok         : ………………………………………...

Tugas ke                                            : ………………………........................

No.

Dimensi/Aspek yang dinilai

Bobot2)

Nilai

Ket.

<50

50-59

69-60

70-79

800-100

Total

Rataan3)

1

Identifikasi masalah

2

Pembatasan masalah

3

Penentuan alternatif pemecahan masalah

4

Prosedur pemecahan masalah

5

Hasil

6

Simpulan

7

Saran/rekomendasi

Jumlah

Rataan

Keterangan: 1) = coret yang tidak sesuai,

2) = Pembobotan terhadap setiap aspek yang dinilai ditentukan oleh dosen/tim penilai dengan memperhatikan keluasan dan

kedalaman criteria penilaian seperti diuraikan pada a) Rancangan criteria penilaian tugas dan b) grading scheme,

3) = Penentuan nilai akhir dalam bentuk huruf disesuaikan dengan nilai rataan    sesuai dengan pasal 33 ayat 7 Norma dan  Tolok Ukur

Komponen soft skill yang dinilai   : Kerjasama Tim

Sifat tugas                                         : Individu/Kelompok1)

Nama mahasiswa/kelompok         : ………………………………………...

Tugas ke                                            : ………………………........................

No.

Dimensi/Aspek yang dinilai

Bobot2)

Nilai

Ket.

<50

50-59

69-60

70-79

800-100

Total

Rataan3)

1

Kontribusi  tim/kelompok

2

Tanggung jawab anggota tim

3

Tidak mendominasi kelompok

4

Menghargai pendapat orang lain

5

Bertanya dan merespon

Jumlah

Rataan

Keterangan: 1) = coret yang tidak sesuai,

2) = Pembobotan terhadap setiap aspek yang dinilai ditentukan oleh dosen/tim penilai dengan memperhatikan keluasan dan

kedalaman criteria penilaian seperti diuraikan pada a) Rancangan criteria penilaian tugas dan b) grading scheme,

3) = Penentuan nilai akhir dalam bentuk huruf disesuaikan dengan nilai rataan    sesuai dengan pasal 33 ayat 7 Norma dan  Tolok Ukur

Komponen yang dinilai                  : Pengelolaan Informasi

Sifat tugas                                         : Individu/Kelompok1)

Nama mahasiswa/kelompok         : ………………………………………...

Tugas ke                                            : ………………………........................

No.

Dimensi/Aspek yang dinilai

Bobot2)

Nilai

Ket.

<50

50-59

69-60

70-79

800-100

Total

Rataan3)

1

Kualitas sumber informasi

2

Kualitas pengelolaan informasi

3

Citasi

Jumlah

Rataan

Keterangan: 1) = coret yang tidak sesuai,

2) = Pembobotan terhadap setiap aspek yang dinilai ditentukan oleh dosen/tim penilai dengan memperhatikan keluasan dan

kedalaman criteria penilaian seperti diuraikan pada a) Rancangan criteria penilaian tugas dan b) grading scheme,

3) = Penentuan nilai akhir dalam bentuk huruf disesuaikan dengan nilai rataan    sesuai dengan pasal 33 ayat 7 Norma dan  Tolok Ukur

Komponen soft skill yang dinilai   : Etika-Moral

Sifat tugas                                         : Individu/Kelompok1)

Nama mahasiswa/kelompok         : ………………………………………...

Tugas ke                                            : ………………………........................

No.

Dimensi/Aspek yang dinilai

Bobot2)

Nilai

Ket.

<50

50-59

69-60

70-79

800-100

Total

Rataan3)

1

Jujur

2

Tata karma

3

Taat hukum/aturan

4

Disiplin

Jumlah

Rataan

Keterangan: 1) = coret yang tidak sesuai,

2) = Pembobotan terhadap setiap aspek yang dinilai ditentukan oleh dosen/tim penilai dengan memperhatikan keluasan dan

kedalaman criteria penilaian seperti diuraikan pada a) Rancangan criteria penilaian tugas dan b) grading scheme,

3) = Penentuan nilai akhir dalam bentuk huruf disesuaikan dengan nilai rataan    sesuai dengan pasal 33 ayat 7 Norma dan  Tolok Ukur

Komponen soft skill yang dinilai : Ketrampilan Kepemimpinan

Sifat tugas                                         : Individu/Kelompok1)

Nama mahasiswa/kelompok         : ………………………………………...

Tugas ke                                            : ………………………........................

No.

Dimensi/Aspek yang dinilai

Bobot2)

Nilai

Ket.

<50

50-59

69-60

70-79

800-100

Total

Rataan3)

1

Ketrampilan interpersonal

2

Ketrampilan orginasasi

3

Ketrampilan pemecahan masalah

Jumlah

Rataan

Keterangan: 1) = coret yang tidak sesuai,

2) = Pembobotan terhadap setiap aspek yang dinilai ditentukan oleh dosen/tim penilai dengan memperhatikan keluasan dan

kedalaman criteria penilaian seperti diuraikan pada a) Rancangan criteria penilaian tugas dan b) grading scheme,

 

3) = Penentuan nilai akhir dalam bentuk huruf disesuaikan dengan nilai rataan    sesuai dengan pasal 33 ayat 7 Norma dan  Tolok Ukur

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter