The Faculty

Dokumen Program dan Pengembangan Fapet

E-mail Cetak PDF

Dokumen Program dan Pengembangan Fapet

Pelacakan Alumni dan Pengguna Alumni

E-mail Cetak PDF

Pelacakan Alumni dan Penggua Alumni

AKREDITASI

E-mail Cetak PDF

Akreditasi Prodi Peternakan

AKREDITASI

E-mail Cetak PDF

Staandar 1

LAST_UPDATED2

PEDOMAN PKL

E-mail Cetak PDF

BAB I. PENDAHULUAN

 

Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu beban studi dalam kurikulum berbasis kompotensi (KBK) dengan elemen kompetensi Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) yang mulai diterapkan pada tahun 2004 di Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana (Fapet Undana) dengan kode matakuliah PTP 47356 dan PTN 47355. Matakuliah PKL tidak terlepas dari perangkat matakuliah yang harus diselesaikan mahasiswa dalam rangka memenuhi syarat menjadi sarjana peternakan. Bobot kredit PKL adalah 3 SKS, dengan unit kompetensi yang dihaparkan adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk : 1) mengidentifikasi masalah di bidang peternakan (khusus yang menjadi obyek PKLnya), 2) merencanakan, menjalankan dan mengevaluasi kegiatan bidang peternakan yang diminati.

Seperti kuliah kerja nyata (KKN) dan penelitian akhir dalam rangka penyelesaian studi, PKL juga mensyaratkan berbagai hal kepada mahasiswa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan. PKL wajib diprogramkan dan dilaksanakan oleh mahasiswa dan pelaksanaan serta evaluasinya melibatkan komponen mitra fakultas di mana mahasiswa melaksanakan kegiatan. PKL mahasiswa Fapet Undana dilaksanakan pada lokasi instansi, perusahaan peternakan atau berkaitan dengan usaha peternakan, dan bukan pada bidang lain yang tidak berkaitan dengan peternakan.

Tugas akademik PKL dengan karakteristik pelaksanaan dan evaluasinya yang khusus, membutuhkan penjelasan yang lebih terperinci agar tidak terjadi salah pengertian dalam implementasinya pada kurikulum. Untuk itu dibutuhkan suatu pedoman yang dapat digunakan oleh semua komponen yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan di Fapet Undana.

BAB II. TUJUAN PELAKSANAAN PKL

Tujuan pelaksanaan PKL adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pelatihan serta pengalaman tentang kelembagaan, kegiatan perusahaan atau perniagaan dan manajemen praktis dalam bidang peternakan. Diharapkan agar sarjana lulusan Fakultas Peternakan nantinya mempunyai wawasan yang luas dan mampu memecahkan berbagai hal berkaitan dengan profesinya. Pada dasarnya PKL merupakan kegiatan mandiri mahasiswa yang tujuannya adalah :

  1. Menambah pengalaman lapangan mahasiswa pada kondisi nyata yang akan dihadapinya.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan secara aktual pengetahuan, ketrampilan dan sikap di bidang peternakan.
  3. Meningkatkan kematangan pribadi dan profesionalisme di bidang peternakan.
  4. Meningkatkan kompetensi penguasaan ilmu dan teknologi peternakan

BAB III. PERSYARATAN PKL

Mahasiswa Fapet Undana yang diijinkan memprogramkan PKL adalah mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Telah menyelesaikan minimal 110 SKSD.
  2. Indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang–kurangnya sama dengan 2,0
  3. Mencantumkan PKL dalam KRS pada semester bersangkutan Membuat usulan/proposal PKL ke pengelola PKL (Ketua Jurusan/Prodi). Format proposal (terlampir).
  4. Mengikuti pembekalan/pengarahan secara umum yang diadakan Fakultas
  5. Topik PKL dipilih dari berbagai topik yang ditawarkan pengelola berdasarkan minat mahasiswa.
  6. Telah lulus matakuliah yang berhubungan dengan materi PKL.


BAB IV. WAKTU PELAKSANAAN

Pelaksanaan PKL yang dilakukan mahasiswa, minimal 4 (empat) minggu atau 1 (satu) bulan. Pelaksanaan PKL dapat dilakukan pada semester berlangsung atau alih tahun (masa liburan mahasiswa). Mahasiswa yang telah menyelesaikan materi perkuliahan dapat melakukan PKL pada semester berlangsung sedang bagi mahasiswa yang belum diharuskan melaksanakan PKL pada masa alih tahun akademik (Juli-Agustus). Mahasiswa tidak diijinkan melaksanakan kegiatan PKL bersamaan dengan kegiatan KKN, sedangkan  kegiatan penelitian dalam rangka penulisan skripsi diperbolehkan di lokasi yang sama apabila telah memenuhi SKSD 120.

Waktu pendaftaran PKL dilakukan menjelang antar semester untuk PKL antar semester dan pada awal dan pertengahan semester untuk PKL yang dilakukan pada semester berlangsung. Pembekalan akan dilakukan sebelum mahasiswa diterjunkan ke lokasi PKL. Pembekalan dapat berupa penguatan atau pencerahan tentang ilmu pengetahuan atau kaidah-kaidah akademik dan moral/ etika kepada mahasiswa dalam melaksanakan PKL serta sanksi yang dapat diberikan apabila melanggar hal-hal dimaksud. Penetapan waktu oleh Fakultas tidak dapat dilakukan penolakan atau keberatan oleh mahasiswa.


BAB V. TEMPAT DAN MATERI PKL

Tempat  pelaksanaan PKL ditetapkan oleh Fakultas Peternakan dengan terlebih dahulu ditawarkan kepada mahasiswa calon peserta PKL sesuai topik PKL yang dipilih. Fakultas berkewajiban melakukan segala pengurusan menyangkut izin, kesediaan, dan penentuan jadwal pelaksanaan ke tempat PKL. Daftar lokasi PKL dibuat berdasarkan hasil survei lokasi PKL. Survei lokasi pelaksanaan PKL dilakukan oleh fakultas dan atau oleh mahasiswa calon peserta PKL.

Materi atau topik PKL disesuaikan dengan tempat usaha atau instansi yang dituju yang berkaitan dengan bidang peternakan yang dipilih oleh mahasiswa. Pelaksanaan PKL dapat dilakukan di dalam wilayah NTT atau di luar NTT.


BAB VI. PEMBIMBINGAN

Penentuan pembimbing PKL dilakukan Fakultas dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Mahasiswa peserta PKL dibimbing oleh 2 (dua) orang pembimbing. Satu orang dosen pembimbing dari Fakultas Peternakan dan satu orang lainnya dari lembaga, instansi, perusahaan tempat PKL dilaksanakan.

2. Penentuan dosen pembimbing dari Fakultas Peternakan dilakukan dengan mempertimbangkan kesesuaian topik PKL mahasiswa dan beban tugas lainnya dari dosen.

3. Setiap dosen boleh membimbing mahasiswa PKL maksimal 2 (dua) orang dalam setiap semester.

4. Semua dosen yang telah berjabatan fungsional dapat ditunjuk menjadi pembimbing mahasiswa PKL dengan mempertimbangkan spesifikasi bidang ilmu.


BAB VII. PENGELOLA

Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD1), Pembantu Dekan Bidang Kerumahtanggan (PD2), Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaaan (PD3), Jurusan dan Bagian Administrasi Fakultas karena tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) diserahi tugas mengelola kegiatan PKL ??. Pengelola bertanggungjawab kepada Dekan Fakultas Peternakan Undana. Tugas dan fungsi pengelola adalah merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kegiatan PKL secara menyeluruh kepada Dekan.


BAB VIII. PELAPORAN

1. Mahasiswa peserta PKL, pada akhir kegiatan harus membuat laporan kegiatan PKL

2. Laporan kegiatan mengacu pada format yang ada (terlampir)

3. Laporan kegiatan PKL mahasiswa Fapet Undana dibuat rangkap 5 (lima), yang peruntukkannya masing-masing untuk : dosen pembimbing, pengelola, perpustakaan Fapet Undana, tempat kegiatan PKL dan mahasiswa bersangkutan.

4. Warna kulit laporan PKL mahasiswa Fapet Undana adalah coklat muda.

5. Pengiriman laporan PKL mahasiswa ke tempat PKL mahasiswa dilakukan mahasiswa PKL

6. Laporan pelaksanaan kegiatan PKL semester berjalan dilakukan pengelola kepada Dekan Fapet Undana setelah seluruh pelaksanaan kegiatan PKL pada semester tersebut selesai dilakukan.


BAB IX. EVALUASI

1. Mahasiswa peserta PKL wajib memperoleh surat keterangan yang berisi penilaian dari pembimbing lapangan di tempat PKL. Formulir penilaian disediakan pengelola, berisi nama dan jabatan penilai serta alamat tempat PKL dan item kegiatan (format terlampir). Formulir penilaian ini dilampirkan saat mahasiswa mengajukan ujian PKL.

2. Mahasiswa peserta PKL yang tidak dapat menunjukkan formulir penilaian dari tempat PKL dinyatakan gugur dan harus mengulang kembali PKL.

3. Paling lambat 3 (tiga) minggu setelah pelaksanaan PKL, mahasiswa harus mengajukan permohonan ujian PKL kepada pengelola.

4. Penguji ujian PKL terdiri dari 2 (dua) atau 3 (tiga) orang dosen, yaitu dosen pembimbing sebagai ketua, satu orang dosen pada jurusan yang sama dengan mahasiswa dan atau satu orang dosen dari jurusan berbeda yang mempunyai disiplin ilmu terkait.

5. Nilai akhir PKL merupakan akumulasi dari nilai praktek kerja (dari pembimbing PKL di tempat kegiatan dengan bobot 20 persen), nilai penulisan laporan dengan bobot 40 persen serta penilaian penguasaan materi dengan bobot 40 persen.

6. Grade nilai PKL adalah sebagai berikut :

> 80                = A (sangat baik)

70 – 79,9        = B (baik)

60 – 69,9        = C (sedang/cukup)

50 -  59,9        = D (kurang)

< 50                = E (sangat kurang/tidak lulus)


BAB X. SANKSI

1. Mahasiswa yang mendapat penilaian dari tempat PKL kurang dari 50 dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang PKL. Tempat kegiatan PKL bisa di tempat yang sama atau di tempat lain yang ditentukan pengelola dan mengawali dari prosedur awal.

2. Laporan yang tidak dimasukkan sesuai jadwal dinyatakan gagal dan mahasiswa harus mengulang PKL kembali sesuai prosedur awal.

3. Mahasiswa peserta PKL yang melakukan tindakan tidak terpuji dan mengganggu aktivitas dan kenyamanan tempat PKL baik sengaja maupun tidak sengaja atas laporan pimpinan dan pembimbing di tempat PKL, dikenakan sanksi seperti pada butir 1, dan apabila terdapat kerugian material akibat tindakan mahasiswa tersebut, wajib bagi mahasiswa untuk menggantinya.

4. Mahasiswa yang menurut pengelola PKL melanggar norma akademik dan norma kehidupan kampus lainnya dikenakan sanksi seperti butir 1.

5. Semua sanksi disampaikan secara tertulis lengkap dengan bukti-bukti yang dilampirkan.

6. Penggantian kegiatan PKL terkait dengan pelanggaran yang dilakukan mahasiswa dengan kegiatan lain tidak diperkenankan.

7. Penggantian dosen pembimbing PKL dapat dilakukan sementara kegiatan PKL berjalan apabila pembimbing tidak dapat melanjutkan tugas pembimbingannya. Penggantian dilakukan oleh ketua jurusan/program studi setelah melalui pertimbangan terhadap pembuktian/laporan tentang pembimbing sebelumnya.


BAB XI. PENDANAAN

1. Pendanaan kegiatan PKL ditanggung oleh Fakultas dan mahasiswa peserta PKL.

2. Fakultas menanggung biaya survei tempat PKL, transportasi dan honor dosen pembimbing dan penguji serta hal lain berkaitan dengan tugas pembimbing, tetapi tidak termasuk kebutuhan yang bersifat pribadi.

3. Mahasiswa peserta PKL menanggung biaya survei tempat PKL yang dilakukan mahasiswa, transportasi, akomodasi, konsumsi selama kegiatan PKL, pembuatan laporan, penggandaan serta pengiriman laporan hasil PKL ke tempat PKL serta segala sesuatu yang berkaitan dengan mahasiswa dalam PKL tersebut.

4. Mahasiswa bertanggung jawab terhadap kerugian-kerugian material yang terjadi di tempat PLK karena kelalaiannya.


BAB XII. PENUTUP

Penyelenggaran kegiatan PKL merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kegiatan akademik yang harus ditempuh mahasiswa Fapet Undana untuk meningkatkan kemampuan kompetensi dan profesinya, oleh karena itu pelaksanaannya perlu dilakukan sebaik-baiknya sehingga tujuan peningkatan kualitas lulusan serta pemenuhan kebutuhan pasar kerja dapat terpenuhi.


Lampiran 1. Contoh halaman Judul Usulan PKL

USULAN KEGIATAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

MANAJEMEN USAHA TERNAK SAPI PERAH

DI BRUDERAN BENLUTU, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

logo undana baru (3)

Oleh :

Bung Kus

NIM. 020367890

JURUSAN PRODUKSI TERNAK

FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

KUPANG, Juni 2007


Lampiran 2. Contoh Halaman Pengesahan Usulan PKL

LEMBAR PENGESAHAN

USULAN KEGIATAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

MAHASISWA FAKULTAS PETERNAKAN

UNIVERSITAS NUSA CENDANA

MANAJEMEN USAHA TERNAK SAPI PERAH

DI BRUDERAN BENLUTU, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Oleh :

Bung Kus

NIM. 020367890

Telah disetujui pada tanggal  ………………………….

Ketua Jurusan,                                                      Dosen Pembimbing PKL

----------------------------------                                          -------------------------------

NIP                                                                             NIP


Lampiran 3. Sistematika Usulan kegiatan PKL

§ HALAMAN JUDUL

§ HALAMAN PENGESAHAN

§ PENDAHULUAN :

§ Latar Belakang, (memuat alasan-alasan apa memilih topik tersebut, masalah-masalah yang terkait dengan topik, dan trend masa depan yang terkait dengan topik, sehingga dipandang masalah-masalah tersebut di atas perlu dipecahkan/dicari jalan keluarnya). (sebaiknya mengacu pada/mengutip referens berupa tulisan-tulisan ilmiah atau laporan-laporan yang relevan berupa data sekunder)

§ Tujuan, (memuat hal-hal yang berhubungan topik PKL dalam arti untuk memecahkan masalah-masalah tersebut di atas untuk menjawab trend masa depan/perbaikan ke depan. Hal lain dalam tujuan adalah tujuan dari mhs melakukan PKL).

§ Manfaat, (memuat hal-hal yang merupakan hasil pemecahan masalah tersebut di atas yang bermanfaat bagi berbagai pihak misalnya : bagi mhs ybs, masyarakat ilmiah, bagi pemilik usaha lokasi PKL, dan bagi pemerintah daerah untuk perbaikan atau pengembangan ke depan).

§ TINJAUAN PUSTAKA (memuat kutipan-kutipan yang berhubungan dengan topic PKL. Utamakan literatur terbaru dari perpustakaan, istansi terkait, atau website/internet. Perhatikan tatacara penulisan tinjauan pustaka yang benar).

.

§ RENCANA DAN JADWAL KEGIATAN (susun secara runtun kegiatan dan waktunya mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan termasuk ujian PKL) paling lambat 1 minggu awal

§ DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN (perhatikan tatacara penulisan daftar pustaka yang benar. Diurut berdasarkan abjad nama penulis dan untuk lebih dari satu referens oleh penulis yang sama diurut berdasarkan tahun tulisan yang terdahulu s/d terkini).

Lampiran 4. Contoh Daftar Kegiatan PKL

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS NUSA CENADANA

FAKULATS PETERNAKAN

DAFTAR KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Nama dan Nomor Mahasiswa                   : ……………………

Waktu Pelaksanaan PKL                           : …………………….

Nama dan Alamat Tempat PKL                 : ……………………..

Tgl

Jenis Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

Jam . . sd Jam. .

Jumlah

Jam

Tandan Tangan Penanggungjawab kegiatan

Total Kumulatif (jam)

Kupang……. …… 2016

Nama Pembimbing di Tempat PKL


Lampiran 5. Contoh Formulir Penilaian PKL selama di lapangan/lokasi PKL

DAFTAR NILAI SELAMA DI LOKASI

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

MAHASISWA FAKULTAS PETERNAKAN UNDANA

DI ………………………….

Nama                         : ……………………………….

No. Mahasiswa        : ……………………………….

Tanggal PKL             : ………………. s/d …………2016

Komponen Penilaian

Bobot

(%)

Nilai mentah

NILAI AKHIR

ANGKA

(Bobot% x Nilai mentah)

HURUF

Persiapan  (10%)

a. Proposal PKL perlu dirinci

10

Pelaksanaan (90%)

a. Disipilin waktu

15

b. Penampilan

5

c. Kesopanan

5

d. Kerajinan

10

e. Kreativitas

15

f.  Sosialisasi

5

g. Penguasaan lapangan

15

h. Penguasaan materi

20

Hasil yang dicapai

100

Keterangan :

A :  80 –100                                                                            Tanggal …….......

B : 70 – 79,9

C : 60 – 69,9

D : 50 – 59,9                                                                          Nama Penilai/Jabatan

E : < 50 (tidak lulus)

Lampiran 6. Contoh Halamn Judul laporan PKL

LAPORAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

MANAJEMEN USAHA TERNAK SAPI PERAH

DI BRUDERAN BENLUTU, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

logo undana baru (3)

Disusun oleh

Bung Kus

NIM. 020367890

JURUSAN PRODUKSI TERNAK

FAKULTAS PETERNAKN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

KUPANG JUNI 2016


Lampiran 7. Contoh Halaman Pengesahan Laporan PKL

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

MANAJEMEN USAHA TERNAK SAPI PERAH DI BRUDERAN BENLUTU, KABUPATEN TTS

Oleh :

Simon Petrus

NIM. 020367890

Telah diuji di hadapan Komisi Ujian

Tanggal …………………………...

Komisi Penguji

Dosen Pembimbing PKL                                        Dosen Penguji I

----------------------------------                                          -------------------------------

NIP                                                                             NIP

Dosen Penguji II (bila ada)

--------------------------------

Mengetahui :

Ketua Jurusan/Program Studi,

-------------------------------------

NIP
Lampiran 8. Sistimatika Laporan PKL

§ SAMPUL LUAR WARNA COKLAT MUDA

§ HALAMN JUDUL

§ HALAMAN PENGESAHAN

§ KATA PENGANTAR (termasuk ucapan terima kasih)

§ DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN

§ PENDAHULUAN (Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat PKL,sempurnakan yang ada pada proposal)

§ TINJAUAN PUSTAKA

§ KEADAAN UMUM LOKASI PKL (memuat secara singkat tentang letak/topografi, jarak dari lokasi pasar, jarak dari kota kecamatan dan atau kota kabupaten, sarana transportasi, luas lahan, bentuk badan usaha, skala usaha, jumlah dan mutu fasilitas yang tersedia mis. kandang dan peralatan, sumber air, tenaga kerja dan kondisi ternak serta produksi.

§ KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (memuat secara singkat dan berurutan sesuai  jadwal kerja harian dan jadwal kerja bulanan. Setiap item kegiatan, diuraikan cara kerja).

§ HASIL DAN PEMBAHASAN (memuat pembahasan detail tentang hasil yang dicapai dari setiap butir kegiatan, masalah yang ditemui, faktor penyebab masalah, saran dan atau tindakan jalan keluar yang dilakukan).

§ KESIMPULAN DAN SARAN (memuat secara singkat point-point penting yang terkait dengan hasil dan pembahasan serta saran-saran).

§ DAFTAR PUSTAKA (perhatikan tatacara penulisan daftar pustaka yang benar. Diurut berdasarkan abjad nama penulis dan untuk lebih dari satu referens oleh penulis yang sama diurut berdasarkan tahun tulisan yang terdahulu s/d terkini).

§ LAMPIRAN (memuat table-tabel dan dokumen lain yang dianggap penting dalam mendukung isi laporan, mis : peta lokasi, foto-foto, struktur organisasi, daftar karyawan, daftar hadir dll).


Lampiran 9. Contoh Blanko Penilaian PKL

PENILAIAN UJIAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

JUDUL PKL  : ………………………………….

Kriteria Penilaian

Bobot

(%)

Nilai

Mentah

Akhir

1. Praktek Kerja (Nilai DI Tempat PKL)

20

2. Penulisan (Pendahuluan, Permasalahan, Pembahasan, dll) : 40%

- Bahasa

- Sistematis (runtun)

20

20

3. Penguasaan Materi : 40%

Presentasi

Diskusi pertanggungjawaban laporan

15

25

Jumlah

100

Bobot nilai presentasi dan diskusi perlu ditinjau kembali dan apakah dalam ujian, mahasiswa selalu diharuskan melakukan presentasi dahulu ???.

Kupang, ……..

Penilai,

---------------------------------


Lampiran 10. Blanko Rekapitulasi Penilaian PKL

PENILAIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Nama                         : ……………………..

No. Mahasiswa        : ……………………..

Jurusan                     : ……………………..

Judul PKL                 : ……………………..

Tim Penguji

1. ………………….

2. ………………….

3. ………………….

Kriteria Penilaian

P1

P2

P3

Total

Rata-rata

1. Praktek Kerja (Nilai di tempat PKL)*)

2. Penulisan (Pendahuluan, permasalahan, pembahasan, dll)

· Bahasa

· Sistematis

3. Penguasaan materi

· Presentasi

· Diskusi

Jumlah

*) nilai dari P1, P2, dan P3 harus sama, karena hanya satu nilai dari lokasi PKL.

Hasil Ujian                                                                            Ketua Jurusan/Prodi

A  =  > 80

B  = 70 – 79,9

C  = 60 – 69,9

D  = 50-59,9

E  = tidak lulus                                                             . . . . . . . . . . . . . . . . . .

LAST_UPDATED2

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter