Beasiswa Bidik Misi

PEMBANTU Rektor Bidang Akademik Universitas Nusa Cendana (Undana),Dr.David BW.Pandie,MS mengatakan program beasiswa bidik misi merupakan beasiswa yang diberikan untuk biaya kuliah dan biaya hidup. Program beasiswa ini dilatarbelakangi dari masiih tingginya jumlah masyarakat miskin di Indonesia. Berbanding terbalik masih sangat sedikit masyarakat miskin yang mengeyam pendidikan tinggi. Disamping itu,program ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran perguruan tinggi dalam mengurangi angka kemiskinan dan menerapkan prinsip non-diskriminatif pendidikan,serta untuk mewujudkan pendidikan untuk semua (education for all).

Program ini merupakan peran pendidikan dalam memutus rantai kemiskinan melalui keikutsertaan mahasiswa dari masyarakat kurang mampu untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi. Dengan harapan masyarakat miskin dapat meningkatkan pengetahuan yang berujung pada kesempatan memperoleh lapangan kerja yang lebih baik atau dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Menurutnya,pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional sejak tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi tapi berprestasi yang disebut beasiswa bidik misi. Program ini,mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah,yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,Bab V Pasal 12(1c),menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi tapi orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya.

Mantan Pembantu Dekan I FISIP itu menambahkan,untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu di perlukan biaya yang cukup besar.Oleh karena itu bagi setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yan berprestasi."jadi khusus di Undana,hanya mendapatkan kesempatan untuk 100 orang pada tahun 2010 dan 100 orang mahasiswa pada tahun 2011.Undana masih belum bisa memenuhi target yang telah ditentukan pemerintah yakni 400 orang penerima beasiswa bidik misi,"katanya.

 

 

Add comment


Security code
Refresh


bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter