Dokter hewan bertumpu pada dua pilar keilmuan, yaitu pada rumpun ilmu kesehatan/medis dan ilmu pertanian/peternakan. Oleh karenanya, kehadiran profesi dokter hewan dianggap penting dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hewan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat veteriner, peningkatan gizi, serta keamanan dan ketahanan pangan.

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana dibangun untuk memenuhi kebutuhan dokter hewan di Nusa Tenggara Timur, kawasan timur Indonesia, Indonesia dan bahkan dunia. Harapannya lulusan Fakultas Kedokteran Hewan UNDANA dapat membantu mewujudkan pemerataan terpenuhinya kebutuhan dokter hewan guna mengendalikan penyakit hewan dan zoonosis.

Nusa Tenggara Timur menyimpan kekayaan fauna khas yang harus terus perlu dikaji. Selain itu, permasalahan penyakit hewan menular dan zoonosis (penyakit hewan yang dapat menjangkit manusia) masih menjadi problem di masyarakat. Selama ini NTT dikenal dan ingin selalu dikenal sebagai gudang ternak. Mempertahankan populasi ternak dan meningkatkan populasi dan produksinya adalah harapan semua orang. Terlebih lagi mengingat telah digalakkannya pembangunan kawasan timur Indonesia sebagai basis pertanian. Menyusul Bali-Nusa Tenggara ditetapkan sebagai koridor pembangunan pariwisata dan pendukung pangan dalam Masterplan Percepatan Pemerataan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), maka kawasan Nusa Tenggara harus bersiap menjadi sentra peternakan. Industri peternakan menjadi sangat bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur sehingga perkembangannya harus diiringi dengan fasilitas penjagaan kesehatan ternak yang memadai. Kasus-kasus penyakit menular pada ternak dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan ekonomi.

 

 

 

RISET

article thumbnail

ON GOING: MP3EI Project.    


HUBUNGI KAMI

article thumbnail

Sekretariat: Gedung Lab. FKH Lantai 2, Kampus UNDANA, Penfui, Kupang, NTT Indonesia; Tel./Fax : (0380) 8850291; Email: fkh.undana@yahoo.com, fkh.undana@gmail.com


KISAH SUKSES

article thumbnail

Tiga Bulan Menjalani BRIDGE Pilot Program Charles Darwin University Oleh : Claudya A. Dhaja (Mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan - Peserta BRIDGE Pilot Program Charles Darwin University-Und [ ... ]


bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter