Visi, Misi dan Tujuan

 

a. Visi Fakultas Sains dan Teknik Undana adalah sebagai wadah pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam penguasaan IPTEK khususnya dibidang Sains (MIPA) dan Teknik.

b. Misi Fakultas Sains dan Teknik Undana adalah :

1. Menyediakan wadah bagi pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, berakhlak, berbudi pekerti, mandiri, kompetitif, sehat, berdisiplin dan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas agar menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi

3. Mengembangkan penelitian Sains (MIPA) dan Teknik dalam rangka menghasilkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sesuai kebutuhan pembangunan

4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan menyertakan aplikasi Sains (MIPA) dan Teknik

5. Mengembangkan sistem manajemen Fakultas Sains dan Teknik (FST) Undana yang profesional, efektif dan efisien.

c. Tujuan Pendidikan Fakultas Sains dan Teknik Undana :

1. Meningkatkan kualitas mahasiswa, profesionalisme staf pengajar dan staf administrasi

2. Mengembangkan dan memberdayakan secara maksimal sarana dan prasarana pembelajaran yang ada

3. Meningkatkan kualitas penelitian yang mengarah pada ketetapan kebutuhan pembangunan

4. Menciptakan kemitraan dengan institusi lain melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat

5. Menghasilkan kinerja manajemen akademik dan non akademik yang profesional, efektif dan efisien.

d. Tugas dan Fungsi Fakultas Sains dan Teknik Undana :

Fakultas  Sains dan Teknik Undana merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Nusa Cendana yang resmi berdiri berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2006. Pendirian FST Undana merupakan hasil merger dari Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA Undana yang sebelumnya ada. FST Undana merupakan fakultas ke tujuh di Undana yang diharapkan dapat mengembangkan keilmuan Sains dan Teknik yang mana dewasa ini peran dari kedua keilmuan ini sangat penting guna menunjang pembangunan nasional khususnya di wilayah NTT melalui upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagai salah satu unit kerja di lingkup Universitas Nusa Cendana (Undana) perkembangan FST Undana sekarang ini cukup baik. Ini terlihat dari masih tingginya minat lulusan SMU atau yang sederajat memilih FST sebagai tempat melanjutkan pendidikan kesarjanaan. Mutu lulusan yang berkualitas dan tersedianya jurusan-jurusan yang bidang keilmuaannya masih dibutuhkan pasar kerja merupakan alasan utama tingginya peminatan calon mahasiswa menjadi mahasiswa di fakultas ini. Kondisi ini mau tidak mau tentunya membawa implikasi bagi FST Undana sendiri, dimana FST Undana dituntut harus lebih mampu menyelenggarakan sistem pendidikan tinggi yang berkompetensi sehingga dapat menjadi institusi pendidikan yang kredibel dan berdaya saing.

FST Undana saat ini memiliki 10 (sepuluh) jurusan dimana 5 (lima) jurusan merupakan jurusan-jurusan keilmuan Sains dan 5 (lima) jurusan lainnya merupakan jurusan-jurusan keilmuan Teknik. Jurusan-jurusan keilmuan Sains terdiri atas jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Komputer yang berperan mengembangkan ilmu dasar (basic science), sementara jurusan-jurusan keilmuan Teknik meliputi jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Arsitektur dan Teknik Pertambangan memiliki peran mengembangkan ilmu terapan (applied science) khususnya dalam bidang teknologi dan rekayasa.

Keberadaan FST Undana sebagaimana diketahui merupakan unit kerja dari Univesitas Nusa Cendana (Undana). Ini artinya secara struktur organisasi maka penyelenggaraan fungsi Undana dikenakan juga kepada FST Undana khususnya pada bidang Sains dan Teknik. Adapun fungsi Undana sebagaimana tertuang dalam Keputusan Mendiknas RI No. : 113/0/2003 tentang  Statuta Undana adalah :

1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni

2. Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penerapannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

 

 

Bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter