Sejarah Singkat FST

 

Sejarah Fakultas Sains dan Teknik Undana

Fakultas Sains dan Teknik Undana adalah salah satu fakultas dibawah naungan Universitas Nusa Cendana yang berkedudukan di Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur dan didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2006 tentang Pendirian Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana. Fakultas Sains dan Teknik Undana merupakan fakultas hasil penggabungan (merger) dari 2 (dua) Fakultas yaitu Fakultas Teknik dan MIPA yang sebelumnya berdiri sendiri – sendiri sejak tahun 1995 dan 1998.

Pada awal berdirinya yaitu pada tahun 2006, berdasarkan SK Rektor Undana No. 128/KP/2006 Dekan fakultas ini  adalah Drs. M. J. Pella, M.Sc. Dekan ini dibantu oleh Drs. Daniel Adutae, M.Si sebagai Pembantu Dekan I, Drs. M. Lumban Gaol, M.Si, Ph.D sebagai Pembantu Dekan II dan Ir. I Made Udiana, MT sebagai Pembantu Dekan III. Selanjutnya sejak tanggal 19 Juni 2010 yaitu berdasarkan SK Rektor Undana No. 187/KP/2010 kepemimpinan fakultas ini dipimpin oleh Dekan Prof. Drs. M. Lumban Gaol, M.Si, Ph.D yang dibantu oleh Linda Fanggidae, ST, MT sebagai Pembantu Dekan I, Vinsensius M. Ati, S.Pt, M.Si sebagai Pembantu Dekan II dan Frans Likadja, ST, MM sebagai Pembantu Dekan III.

Fakultas Sains dan Teknik Undana saat berdirinya memiliki 7 (jurusan) yang terbagi atas 2 (dua) bidang keilmuan yaitu Teknik dan MIPA dimana pada keilmuan Teknik terdapat 3 Jurusan sementara pada keilmuan MIPA terdapat 3 jurusan. Jurusan – jurusan pada lingkup keilmuan Teknik terdiri atas jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknik Mesin, sedangkan jurusan-jurusan yang berada di lingkup MIPA terdiri atas Jurusan Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Pada tahun 2007 seiring dengan telah diterimanya persetujuan penyelenggaraan jurusan baru di Fakultas Sains dan Teknik Undana maka dibuka 3 (tiga) jurusan baru yaitu Ilmu Komputer yang berada dibawah naungan keilmuan MIPA dan jurusan Teknik Pertambangan serta Teknik Arsitektur yang berada dibawah naungan keilmuan Teknik.

Sementara itu untuk menunjang kegiatan administrasi akademik fakultas terdapat bagian tata usaha yang memiliki 4 (empat) sub bagian yaitu kemahasiswaan, akademik, kepegawaian dan keuangan serta umum perlengkapan. Saat ini bagian tata usaha FST undana dipimpin oleh Drs. Jimmy Benu, M.Si sebagai kabag tata usaha, Daniel Kale, S.Sos sebagai kasubag akademik, Daniel Djuka, S.Sos sebagai kasubag umum perlengkapan, Stefanus Kale Ludji, S.Sos sebagai kasubag kepegawaian keuangan dan Dra. Mona L. Ratukoreh sebagai kasubag kemahasiswaan.

 

 

Bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter