Faculty of Science and Engineering

TEKNIK SIPIL

 

LATAR BELAKANG

Pada tanggal 27 April 2005 melalui Rapat Senat Undana diputuskan untuk menggabungkan Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan nama Fakultas Sains dan Teknik yang selanjutnya diusulkan ke Dikti melalui surat nomor 1862/J15/PP/2004 tanggal 12 Juni 2004.

Setelah melalui berbagai pertimbangan baik akademik maupun manajemen, maka berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 16 tahun 2006, berdirilah Fakultas Sains dan Teknik yang disingkat FST.

Fakultas Sains dan Teknik sekarang memiliki 10 jurusan yaitu jurusan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Teknik Pertambangan dan Teknik Arsitektur. Semuanya program S1 yang menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, PMDK dan Transfer tahun akademik 2009/2010.

Adapun jurusan Teknik Sipil resmi dibuka berdasarkan SK DIKTI No. 85/DIKTI/KEP/2007 tanggal 2 April 2007.

 

TUJUAN

1. Menghasilkan Sarjana Teknik yang memiliki pengetahuan, moral dan wawasan yang luas, sebagai calon pemimpin dan pekerja yang profesional.

2. Menghasilkan Sarjana Teknik yang menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang teknik sipil sebagai bekal memasuki dunia kerja.

3. Menghasilkan Sarjana Teknik yang berkeahlian khusus dan berdaya saing tinggi dalam persaingan pasar kerja, baik lokal/regional, nasional maupun internasional.

4. Menghasilkan Sarjana Teknik yang bermotivasi mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi secara intelektual, sosial dan cultural.

 

SPESIFIKASI LULUSAN

Lulusan jurusan Teknik Sipil bergelar Sarjana Teknik (ST).

 

PROSPEK KERJA LULUSAN

Lingkup kerja seorang Sarjana Teknik Sipil yaitu : Perencana dan Perancang Struktur Bangunan Gedung, Perancang Sistim Manajemen Transportasi serta bidang Manajemen Proyek Konstruksi. Lulusan telah bekerja dan diterima pada berbagai lembaga dan bidang pekerjaan.

Investigasi data akhir ini menyatakan secara aproksimasi bahwa 30% lulusan bekerja pada instansi pemerintah sebagai PNS, 40 s/d 50 % bekerja pada lembaga jasa konsultansi teknik dan lembaga jasa konstruksi teknik sebagai sarjana teknik sipil praktisi dan 20 s/d 30% bekerja sebagai usahawan pemberi jasa konstruksi teknik dan jasa konsultansi teknik.

 

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 144 sks (satuan kredit semester) termasuk skripsi.

 

PERSYARATAN

1. Lulusan SMA/MA jurusan IPA atau sekolah-sekolah sederajat.

2. Lulus ujian saringan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

3. Sehat jasmani dan rohani.

Bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter