ILMU KOMPUTER

 

LATAR BELAKANG

Pada tanggal 21 April 2006 melalui SK Mendiknas RI No 16 dibentuk Fakultas Sains dan Teknik (FST) dengan tugas pokok layanan bidang sains dan keteknikan. Tanggal 28 September 2006 secara resmi jurusan ilmu komputer mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi jenjang sarjana (S1) dari Dirjen DIKTI SK No. 3746/D/T/2006. Jurusan Ilmu Komputer merupakan jurusan dengan prospek yang menjanjikan di masa yang akan datang.

 

TUJUAN

1. Mendidik / mempersiapkan ilmuwan dan / atau tenaga profesional di bidang Ilmu Komputer, yang mampu menganalisis, mengeksperimenkan, dan merancang sistem berbasis komputer, terutama dalam bidang rekayasa perangkat lunak, sistem cerdas, dan sains komputasional.

2. Mendidik / mempersiapkan ilmuwan dan atau tenaga profesional yang mampu mengaplikasikan ilmu komputer, baik untuk kebutuhan industri, aplikasi bisnis, maupun kebutuhan masyarakat dan pembangunan pada umumnya.

3. Mengembangkan dan meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan peserta dalam bidang ilmu komputer sehingga berwenang untuk melaksanakan tugas pengajaran.

4. Mempersiapkan peserta agar berkemampuan untuk mengembangkan diri baik secara informal maupun formal melalui pendidikan S-2.

 

SPESIFIKASI LULUSAN

1. Nama Jurusan : Ilmu Komputer.

2. Gelar lulusan : Sarjana Komputer (S.Kom).

3. Kompetensi lulusan mencakup : Sistem Informasi dan Basis Data, Sistem Cerdas Terapan, Jaringan Komputer, serta Sains Komputasional.

 

PROSPEK KERJA LULUSAN

1. Sistem Analis perangkat lunak dan Programer pada instansi: Pemda, Litbang, Departemen, LIPI, Militer, Kepolisian, Perbankan, Asuransi, Industri, LSM.

2. Dosen dan Peneliti pada perguruan Tinggi.

3. Konsultan Teknologi Informasi.

4. Wirausaha industri software house.

5. Staf ahli software engineering, dll.

 

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 144 sks (satuan kredit semester).

 

KEUNGGULAN JURUSAN

Kurikulum berbasis kompetensi menjadikan anda Sarjana Komputer yang mampu bersaing dalam bursa kerja.

Fasilitas sangat memadai : ruang pembelajaran dengan fasilitas multimedia, perpustakaan, laboratoriium komputer Pentium 4 yang telah terhubung secara LAN (Local Area Network) sehingga menjadikan peserta nyaman dalam menjalani berbagai proses praktikum : pemograman terstruktur, analisis algoritma, pemograman visual, pemograman sistem informasi dan basis data berbasis Client-Server dan WEB, perancangan jaringan komputer, multimedia,sistem cerdas dan komputasi numeris.

 

PERSYARATAN

1. Lulusan SMA/MA jur.IPA atau sekolah-sekolah sederajat.

2. Lulus ujian saringan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

3. Sehat jasmani dan rohani.

Bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter