Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Strategis

VISI FKIP:


FKIP Undana sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang andal menghasilkan calon guru yang berkompeten, profesional, berkharakterkuat dan mampu berkompetesi dalam persaingan global.

MISI FKIP:

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan tenaga kependidikan/calon guru berkompeten, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, disiplin dan menguasai IPTEKS.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan IPTEKS yang sesuai kebutuhan pembangunan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan IPTEKS untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan system manajemen yang profesional, efektif dan efisien.

 

TUJUAN FKIP:

 

  1. Menyiapkan peserta didik dan menghasilkan tenaga kependidikan/calon guru berkompeten, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, disiplin dan profesional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan/atau IPTEKS.
  3. Menyebarluaskan dan memanfaatkan informasi tentang IPTEKS.
  4. Menghasilkan system manajemen yang professional, efektif dan efisien.

 

SASARAN STRATEGIS:


Sasaran strategis dalam periode 2014 – 2018 disusun berdasarkan Visi FKIP Undana dengan memperhatikan kemampuan serta sumber daya internal dan peluang lingkungan eksternal terutama lingkungan kebijakan Nasional khususnya dalam bidang pendidikan, sehingga dalam kurun waktu lima tahunan yang sedang berjalan terjadi proses transformasi organisasi untuk memperkuat fondasi dan kondisi untuk menjangkau visi. Sasaran strategis dimaksud adalah :

  1. Pemberdayaan program studi untuk melaksanakan Akreditasi Program studi sebagai instrumen penjaminan mutu dengan nilai akreditasi minimal B.Target pencapaian 60 % tercapai pada tahun 2014, 20% tahun 2015, 10% tahun 2016 dan 10% tahun 2017 sehingga semua Prodi mencapai 100% nilai akreditasi B pada tahun 2018.
  2. Peningkatan program penelitian dan kapasitas kemampuan kompetensi peneliti untuk mampu berkompetisi secara Nasional serta hasil penelitian dapat dipublikasikan secara Nasional dan Internasional.Target tahun 2014 sebanyak judul penelitian dengan melibatkan 90 dosen, tahun 2015 sebanyak 40 judul dengan melibatkan dosen sebanyak 160 dosen, tahun 2016 sebanyak 45 judul dengan melibatkan dosen sebanyak 180 dosen , tahun 2017 sebanyak 50 judul dengan melibatkan 200 dosen, sehingga tahun 2018 semua dosen aktif melakukan penelitian.
  3. Peningkatan program pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Target tahun 2014 sebanyak judul penelitian dengan melibatkan 90 dosen, tahun 2015 sebanyak 40 judul dengan melibatkan dosen sebanyak 160 dosen, tahun 2016 sebanyak 45 judi\ul dengan melibatkan dosen sebanyak 180 dosen , tahun 2017 sebanyak 50 judul dengan melibatkan 200 dosen, sehingga tahun 2018 semua dosen aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Pengembangan kapasitas organisasi untuk mencapai organisasi yang sehat,modern,akuntabel,transparan, dan demokratis yang kondusif untuk mendorong percepatan perubahan. Target tahun 2014 penataan Beban Kerja Pegawai dan dosen dan menerapakan 5 hari kerja, Perbaikan pelayanan sesuai SOP, tahun 2015 dilakukan evaluasi dan penempatan pegawai sesuai keahliannya, tahun 2016 dilakukan pemantapan skill tenaga kependidikan, tahun 2017 Pemantapan system pelayanan sesuai SOP dan mekanisme penjaminan mutu, tahun 2018 sistem manajemen organisasi FKIP sehat, modern, akuntabel, transparan dan demokrasi.
  5. Peningkatan usaha jaringan kerjasama FKIP Undana dengan instansi pemerintah, swasta dan sesama FKIP di daerah dan Nasional.Tahun 2014 membangun kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten NTT dalam rangka menyelenggerakan Pendidikan Guru dalam Jabatan strata 1(S1)pada beberapa Kabupaten,Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Swasta(PTS) di NTT dan kerjsama lainnya. Tahun 2015 – 2018 melanjutkan program kerjasama yang sama dan diperluas pada semua Kabupaten di NTT terutama dalam hal penyelenggaraan Program Sarjana(S1) guru dalam Jabatan sesuai tuntutan Undang-undang guru dan dosen.

 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter