Pendidikan Ekonomi

A. IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi (PS) : Pendidikan Ekonomi

Jurusan/Departemen : Pendidikan Ekonomi

Fakultas : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ( FKIP)

Perguruan Tinggi : Universitas Nusa Cendana Kupang

Nomor SK pendirian PS (*) : 100/Dikti/Kep/1984.

Tanggal SK pendirian PS : .21-08-1984

Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : Dirjen DIKTI, SUKARDJI RANUWIHARDJO

Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS : Januari 1975

Nomor SK Izin Operasional (*) : 5126/D/T/K-N/2011

Tanggal SK Izin Operasional : 04 Januari 2011

Nomor SK BAN-PT : 042/BAN-PT/Ak-XV/S1/XI/2012

Alamat PS : Jln Adisucipto - Penfui Kupang-NTT

B. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

1.1.2 Visi

Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Undana sebagai Pusat Pengembangan Ilmu Pendidikan Ekonomi di Indonesia Bagian Timur yang Menghasilkan Tenaga Pengajar dan Pelaku Ekonomi yang Profesional dan Berwawasan Global.

1.1.3 Misi

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidik yang professional di dalam bidang pendidikan Ekonomi.
  2. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan pelaku ekonomi yang profesional
  3. Mengembangkan penelitian berwawasan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan IPTEKS untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Membina dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan sebagai calon tenaga pendidik/guru maupun sebagai anggota masyarakat, bangsa dan negara.
  6. Membina kerja sama dengan berbagai pihak terkait guna mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan

1.1.4 Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang professional di dalam bidang pendidikan ekonomi.
  2. Menghasilkan tenaga yang professional sebagai pelaku ekonomi yang berwawasan pendidikan.
  3. Menghasilkan penelitian yang beroreantasi pada peningkatan mutu pendidikan ekonomi.
  4. Memprakarsai dan mengatasi masalah-masalah kependidikan dan atau IPTEKS dalam masyarakat.
  5. Meningkatkan kegiatan kemahasiswaan sebagai calon tenaga pendidik yang berkompetensi dan profesional.
  6. Meningkatkan hubungan kerja sama dengan berbagai pihak terkait guna mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.

1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

1. Sasaran

a. Lulusan yang berkualitas yang berprofesi sebagai calon guru pendidikan ekonomi.

b. Lulusan yang berkualitas yang berprofesi sebagai pelaku ekonomi

c. Kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian

d. Aktif terlibat dalam memecahkan berbagai masalah di dalam masyarakat.

e. Kegiatan kemahasiswaan sebagai calon tenaga pendidik yang profesional

f. Bermitra dengan institusi lain dalam rangka penguatan kinerja institusi jurusan.

2. Strategi Pencapaian

a. Untuk mencapai lulusan yang berkualitas digunakan strategi berupa;

1). Perbaikan sistem perkuliahan dengan mengupayakan jumlah pertemuan tatap muka minimal mencapai 16 kali pertemuan.

2). Perbaikan pendekatan, metode mengajar kearah pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (Paikem).

3). Perbaikan sistem perkuliahan kearah penggunaan media yang sesuai dengan pesan materi/kompetensi (komputer, infokus/LCD)

b. Untuk mencapai lulusan yang berkualitas yang berprofesi sebagai pelaku ekonomi digunakan strategi berupa:

1) Perbaikan sistem perkuliahan dengan mengupayakan volume pertemuan tatap muka minimal mencapai 16 kali pertemuan.

2). Perbaikan pendekatan, metode mengajar kearah pembelajaran aktif dan partisipatif (Paikem)

3). Perbaikan sistem perkuliahan kearah penggunaan media yang sesuai dengan pesan materi/kompetensi (komputer, infokus/LCD)

4). Materi perkuliahan selalu dikaitkan dengan pengembangan sumber daya ekonomi.

5). Melakukan implementasi pengetahuan yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya ekonomi.

c. Kualitas dan Kuantitas Penelitian

1). Pelatihan Metodologi Penelitian, baik oleh dosen maupun mahasiswa

2). Kegiatan Penelitian dan pengkajian, baik oleh dosen maupun mahasiswa

d. Keterlibatan Dalam Penyelesaian Berbagai Masalah di Masyarakat.

1). Penerapan hasil penelitian dan pengajian melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.

2). Terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan, baik yang melembaga maupun tidak melembaga.

e. Kegiatan kemahasiswaan sebagai calon tenaga kependidikan yang berkompetensi dan profesional:

1). Melakukan kegiatan pengembangan keilmuan dan penalaran (diskusi, seminar, lokakarya dll)

2). Membuat mading

3). Mengembangkan minat mahasiswa dalam berbagai segi

4). Melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah

5). Melakukan pengabdian kepada masyarakat, dll.

f. Bermitra dengan Institusi Lain

1). Bermitra dengan Sekolah-sekolah tempat Praktek Pengalaman Lapangan bagi mahasiswa, baik tingkat SMP, SMA maupun SMK.

2). Bermitra dengan instansi lain seperti Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Universitas terbuka, Pemda, industri dan sebagainya.

1.1.6.Sosialisasi

Sosialisasi dilakukan melalui forum seminar jurusan yang dihadiri dosen dan mahasiswa. Khususnya bagi mahasiswa baru dilakukan melalui kegiatan pembinaan mahasiswa baru yang secara rutin dilakukan setiap tahun. Juga dapat disebar-luaskan melalui Program Pengalaman Lapangan, baik melalui guru pamong, kepala dan atau wakil kepala sekolah yang mengikuti kegiatan atau rapat koordinasi di UPT PPL maupun melalui dosen-dosen pembimbing mahasiswa PPL yang ditempatkan pada berbagai sekolah mitra.

C. DOSEN

Data dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang PS:

No

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akade mik***

Gelar Akade

Mik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas*

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

P.Ch. Mauko

(***)

0012124913

12-12-1949

Lektor Kepala

-Drs

-MS

-S1 Undana

-S2 Unpad

Bandung

-Ekon. Pembangunan

-Ekon.Pembangunan

2

M. Hamatara (*)

0005045005

05-04-1950

Lektor Kepala

-Drs

-S1

Univ.Kristen Satya Wacana

Salatiga

- Manajemen

3

Lede Kette

(***)

0010115010

10-11-1950

Lektor Kepala

-Drs

-M.Pd

- S1 Undana

- S2 IKIP Malang

- Akuntansi

- Tek.Pembelajaran

4

Noor Risdiyati

(***)

0009025002

09-02-1950

Lektor Kepala

-Dra

-MSi

- S1 IKIP Yohya

- S2 Udayana

- Ekonomi

- Kajian Budaya

5

F. Sumantri

( ***)

0016065308

16-06-1953

Lektor Kepala

- Drs

-MSi

-Dr

- S1 Undana

- S2 Unhas

-S3 Univ.Negri

Malang

- Ekon. Koperasi

- Ekon.Pembangunan

- Ekonomi Koperasi

6

Th.S.A.Foenay

(**)

0017114906

17-11-1949

Lektor

-Dra

-MP.

- S1 Undana

- S2 Univ. Negri

Jember

- Ekon. Pembangunan

- Ekonomi Mikro

7

F. Bolang(***)

0021015605

21-01-1956

Lektor

- Drs

- M.Si

- S1 Undana

- S2 Unpad

- Akuntansi

- Manaj. Pemasaran

8

Y. Nggandung

(***)

0027016307

27-01-1963

Lektor Kepala

- Drs

- M.Si

- S1 Undana

- S2 Unair

- Perkantoran

-Manajemen Pemasaran

9

R.E.H. Riwu

Manu (**)

0021016112

21-01-1961

Asisten Ahli

- Drs

- S1 Undana

- Akuntansi

10

M.U.K.Yewang

(***)

0023126406

23-12-1964

Lektor

-Drs

-MM

-S1 Undana

-S2Unwira Kupang

-Akuntansi

-Manajemen Keuangan

11

Jacob Abolladaka(***)

0010027204

10-02-1972

Asisten Ahli

-S.Pd

-MM

-S1 Undana

-S2 Unwira

Kupang

-Tataniaga

-Manajemen Pemasaran

12

Ari Data (**)

-

02-09-1972

Asisten Ahli

-S.Pd

- MM

-S1 Undana

-S2 Unwira

Kupang

-Akuntansi

-Manajemen Keuangan

* Fotokopi ijazah agar disiapkan saat visitasi.

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

*** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***)

4.3.2 Data dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS:

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas*

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Noor Risdiyati(***)

0009025002

09-02-1950

Lektor Kepala

-MSi

-S2 Udayana

- Kajian Budaya

2

Th.S.A.Foenay

(**)

0017114906

17-11-1949

Lektor

-Dra

-MP.

- S1 Undana

- S2 Univ. Negri

Jember

- Ekonomi Pertanian

* Fotokopi ijazah agar disiapkan saat visitasi.

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

*** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***)

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter