Ilmu Politik

E-mail Cetak PDF

 

LATAR BELAKANG

Jurusan Ilmu Politik merupakan jurusan baru di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana. Jurusan ini mulai dibuka pada tahun 2008. Pada tahun pertama pembukaannya, jurusan ini telah menerima mahasiswa untuk dua kelas sekaligus, karena tuntutan dan animo masyarakat yang sangat besar untuk masuk ke jurusan ini.

Mengandalkan kurikulum yang berbasis kompetensi dengan dukungan sumberdaya dosen berkualifikasi S2 dan sarana/prasarana yang tersedia, serta dengan memperhatikan animo masyarakat yang ada, Jurusan Ilmu Politik pada tahun ajaran 2009/2010 akan menerima mahasiswa baru.

Kehadiran kami melalui leaflet ini diharapkan Anda lebih dekat mengenal jurusan ini dan pastikan pilihan Anda jika ingin melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (Strata Satu).

 

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki bekal pengetahuan teoritis yang komprehensif, serta keahlian teknis dan praktis dalam area spesialisasi jurusan ilmu politik.

2. Menghasilkan karya-karya hasil penelitian terapan/praktis serta gagasan-gagasan pemikiran inovatif yang bermanfaat bagi perencanaan, pengembangan dan evaluasi, formulasi kebijakan, serta pemecahan masalah-masalah politik yang sesuai dengan kebutuhan sektor publik dan bisnis.

3. Terselenggaranya kegiatan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan jasa keahlian aplikatif di bidang iptek politik yang sesuai dengan kebutuhan sektor publik dan bisnis.

4. Terlaksananya kegiatan program pembinaan ke-mahasiswaan secara berkualitas dan berkelanjutan.

5. Terselenggaranya sistem manajemen dan kelembagaan pendidikan tinggi yang profesional secara berkelanjutan.

6. Terselenggaranya kerjasama kemitraan dengan stakeholders secara berkelanjutan.

 

SPESIFIKASI LULUSAN

Jurusan ini dimaksudkan untuk menghasilkan Sarjana Ilmu Politik yang berwawasan manajerial baik dalam karier akademik maupun karier professional.

 

PROSPEK KERJA LULUSAN

Lulusan Jurusan Ilmu Politik FISIP Undana dapat bekerja di sektor publik maupun bisnis baik dalam posisi manajerial maupun spesialis politik.

 

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 155 sks (satuan kredit semester) termasuk skripsi.

 

PERSYARATAN

1. Lulusan SMA/MA atau sekolah-sekolah sederajat.

2. Lulus ujian saringan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

3. Sehat jasmani dan rohani.