Faculty of Social and Political Science

Sosiologi

 

LATAR BELAKANG

Jurusan Sosiologi merupakan jurusan ketiga setelah Jurusan Administrasi Negara dan Administrasi Niaga pada Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Undana sebagai embrio untuk berdirinya FISIP Undana 1997. Penyelenggaraan akademik pertama terhitung September 1985 dengan SK Menteri P & K RI No: 100/DIKTI/KEP/ 1984.

Jurusan Sosiologi yang dalam kurun waktu + 20 tahun lebih telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam pembangunan nasional secara umum dan khususnya di NTT. Sebagai pusat unggulan pengembangan ilmu sosiologi dan sumber daya manusia yang berkualitas, Jurusan Sosiologi telah menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan ilmu pengetahuannya di berbagai daerah Kabupaten di Propinsi NTT bahkan juga sampai ke tingkat Nasional.

Sejak 1998 telah dibuka kelas ekstensi Jurusan Sosiologi dengan 3 bidang konsentrasi, yaitu kajian Sosiologi Pembangunan, Studi Kawasan dan Kajian Sosiologi Keluarga dan Peranan Wanita.

 

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional di bidang sosiologi.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan sosiologi sebagai ilmu untuk kemajuan IPTEK, kebudayaan dan yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan.

3. Membantu memberikan solusi terhadap masalah-masalah sosial yang dihadapi masyarakat dengan mengaplikasikan sosiologi.

 

SPESIFIKASI LULUSAN

Menjadi ilmuwan sosial yang bergelar Sarjana Sosial (S.Sos) dengan kosentrasi bidang : Sosiologi Pembangunan; Studi Kawasan; Sosiologi Keluarga dan Peranan Wanita.

 

PROSPEK KERJA LULUSAN

Lulusan memiliki prospek kerja yang cukup luas di daerah NTT maupun di luar NTT, baik sebagai tenaga Dosen/Akademisi, PNS, maupun sebagai pekerja sosial dan konsultan pada LSM.

 

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 155 sks (satuan kredit semester) termasuk skripsi.

 

PERSYARATAN

1. Lulusan SMA/MA atau sekolah-sekolah sederajat.

2. Lulus ujian saringan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

3. Sehat jasmani dan rohani.

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter