Ilmu Administrasi Bisnis

 

LATAR BELAKANG

Keberadaan Jurusan Administrasi Niaga pada mulanya lahir dengan nama Jurusan Ketataniagaan sebagai bagian dari Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan Undana pada tahun 1962. Jurusan ini kemudian berubah nama menjadi Jurusan Administrasi Niaga pada tahun 1981 sewaktu terjadinya perubahan nama Fakultas menjadi Fakultas Ilmu Administrasi.

Jurusan Administrasi Niaga telah berusia lebih dari empat dasawarsa dan telah mempunyai banyak pengalaman akademik serta telah memberikan kontribusi yang besar dalam mengembangkan sumberdaya manusia yang dibutuhkan dalam pembangunan nasional khususnya di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Para lulusan telah berhasil meniti karier mereka dengan gemilang di berbagai organisasi pemerintah maupun swasta di berbagai daerah kabupaten di Propinsi Nusa Tenggara Timur dan propinsi lain di tanah air.

Untuk memberikan kesempatan studi yang luas bagi para pegawai negeri dan swasta di Propinsi Nusa Tenggara Timur maka mulai tahun 1998 Jurusan Administrasi Niaga membuka kelas ekstensi pada sore hari.

 

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan ber-kompeten, memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap professional dan etis.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu penge-tahuan dan teknologi bisnis yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Membantu solusi masalah-masalah bisnis yang dihadapi dalam masyarakat.

4. Meningkatkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap masalah bisnis dalam kehidupan masyarakat.

5. Menghasilkan produktivitas dan kinerja karyawan serta organisasi Jurusan Administrasi Niaga yang unggul.

 

SPESIFIKASI LULUSAN

1. Sesuai konsentrasi/spesialisasi yang ada maka lulusan Jurusan Administrasi Niaga adalah Sarjana dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Pariwisata dan Manajemen Agribisnis.

2. Lulusan jurusan Ilmu Administrasi Niaga bergelar Sarjana Sosial (S.Sos).

 

PROSPEK KERJA LULUSAN

Lulusan memiliki prospek kerja yang cukup luas di NTT dan luar NTT, baik sebagai Tenaga Dosen/Akademisi pada beberapa perguruan Tinggi yang ada di Kota Kupang, sebagai manajer dan manajer madya pada berbagai lembaga bisnis, maupun sebagai karyawan pada ber-bagai instansi pemerintah dan swasta.

 

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 155 sks (satuan kredit semester) termasuk skripsi.

 

PERSYARATAN

1. Lulusan SMA/MA atau sekolah-sekolah sederajat.

2. Lulus ujian saringan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

3. Sehat jasmani dan rohani.

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter